DAERAH

Dodi Reza Serius Jadikan Muba Ibu Kota Dunia EBT Berbasis Sawit

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin (Kanan) saat peluncuran buku berjudul Musi Banyuasin 2030: World Capital of Sustainable Energy Based on Palm-Oil. (Dok Pemkab Muba)
Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin (Kanan) saat peluncuran buku berjudul Musi Banyuasin 2030: World Capital of Sustainable Energy Based on Palm-Oil. (Dok Pemkab Muba)


INFO INDONESIA, JAKARTA - Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dicanangkan menjadi Ibu Kota Dunia Energi Baru Terbarukan (EBT) berbasis sawit pada 2030. Hal itu ditandai dengan peluncuran buku berjudul Musi Banyuasin 2030: World Capital of Sustainable Energy Based on Palm-Oil (BOP) di Hotel Santika Premiere, Kota Palembang, Kamis (30/9/2021).

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, komoditas kelapa sawit di Muba cukup banyak. Oleh karena itu, Dodi ingin mengolah sawit menjadi bahan bakar yang berkelanjutan.

“Kita bisa olah bahan bakar nabati atau sawit untuk dijadikan bensin sawit,” kata Dodi.

Dodi menjelaskan, energi fosil yang digunakan saat ini kemungkinan bakal habis di kemudian hari. Dasar pemikiran inilah yang membuatnya berinisiatif mengembangkan bahan bakar berkelanjutan dari sawit.

“Saya punya cita-cita sama teman-teman petani, nilai tambah sawit itu kita tingkatkan tidak cuma jual barang mentah, tapi kita harus hilirisasi komoditas sawit menjadi energi terbarukan,” jelasnya.


Guna merealisasikan hal itu, Dodi sebagai kepala daerah bakal memasukan EBT berbasis sawit ke dalam program kerjanya. Ia berharap rencana ini dapat terealisasikan sehingga berdampak positif bagi perekonomian daerah.

From Muba to the world. Kita enggak asal-asalan menyebut ibu kota dunia karena memang kita fokus dan sudah punya rencana jangka panjang hingga 2030. Muba akan menjadi salah satu pusat dunia yang memproduksi energi terbarukan berasal dari kelapa sawit,” imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi