POLHUKAM

Pemerintah Harus Jaga Tren Penurunan Kasus COVID-19

Ilustrasi COVID-19. (Unsplash.com)
Ilustrasi COVID-19. (Unsplash.com)


JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moedijat meminta pemerintah konsisten menjaga tren kasus COVID-19. Diketahui, laju penularan COVID-19 di Tanah Air terbilang menurun dalam beberapa waktu belakangan.

"Saya kira konsistensi harus tetap dilakukan, agar kegiatan masyarakat di area publik tetap memiliki aspek pengendalian,” kata Lestari dalam keterangan tertulisnya yang diterima INFO INDONESIA, Senin (4/10/2021).

Lestari mengatakan, pemerintah juga perlu mempersiapkan masyarakat agar mampu beradaptasi dengan pandemi COVID-19. Adaptasi ini antara lain disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Sedangkan adaptasi norma baru yang harus dilakukan para pemangku kepentingan konsisten mengevaluasi dan melakukan testing serta tracing pada sejumlah kegiatan di ruang publik.

“Yang perlu diwaspadai pada kondisi saat ini adalah efek psikologis masyarakat dalam menghadapi berbagai pelonggaran kegiatan di area publik,” tuturnya.


Sementara itu, pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali hingga 18 Oktober mendatang. Catatan Satgas Covid-19 per Minggu 3 Oktober 2021, kasus positif COVID-19 di Indonesia bertambah 1.142 kasus atau turun dibandingkan dengan pekan sebelumnya.


Video Terkait:
Indonesia Lewati Puncak Covid 19
Editor: Khoirur Rozi