OLAHRAGA

Pembalap MotoGP Ramai-ramai Boikot Balapan di AS

Balap Motor Grand Prix di Circuit of The Americas, Austin, Amerika Serikat / MotoGP.com
Balap Motor Grand Prix di Circuit of The Americas, Austin, Amerika Serikat / MotoGP.com

JAKARTA - Para pembalap Motor Grand Prix (MotoGP), ramai-ramai mengancam akan memboikot Circuit of The Americas, Austin, Amerika Serikat.

Hal tersebut lantaran para penunggang kuda besi kesal dengan aspal track lane bergelombang, yang dinilai membahayakan pembalap.

Seperti pembalap dari Tim Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro yang menentang keras digelarnya balapan ulang di COTA (Circuit of The America).

Espargaro sendiri merasakan ketidak nyamanannya mengaspal di sirkuit negara berjuluk Paman Sam itu. Dia terjatuh sebanyak lima kali dari sesi latihan bebas hingga sesi kualifikasi MotoGP AS 2021.

"Ini sangat, sangat, berbahaya," kata Espargaro seperti dimuat situs GpOne, Minggu (10/10/2021).


Senada, pembalap dari Tim Suzuki Ecstar, Alex Rins mengungkapkan gundukan pada track yang diduga disebabkan oleh ketidakstabilan di bawah permukaan lintasan. Dirinya menyebut gundukan itu sangat berbahaya.

"Memasuki tikungan 10, kedua roda berada di udara," kata Alex Rins.

Pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami juga ikut mengomentari sirkuti COTA. Dia bahkan menyebut jika sirkuit itu adalah yang terburuk dalam kalender MotoGP 2021.

"Semua pebalap memiliki keluhan besar tentang gundukan. Bahkan ada yang bilang tidak mungkin balapan. Ada yang bilang terlalu berbahaya, ini trek terburuk di kalender," kata Takaaki Nakagami. [***]

Editor: Ipung