POLHUKAM

Tjahjo Kumolo Minta Maaf Unggah Foto Hoaks

(Net)
(Net)


JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, meminta maaf lantaran salah mengunggah foto ruas jalan Tol Cisumdawu di Jawa Barat yang ternyata adalah hoaks. 

"Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) terima kasih perhatiannya," tulis Tjahjo melalui akun Twitter @tjahjo_kumolo, Minggu (10/10/2021).

Foto itu sebelumnya sudah diberi label "disinformasi" oleh Kementerian Kominfo. Namun, diunggah oleh Tjahjo yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu. 

"Jalan tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI - SUMEDANG - DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung <> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3,5 jam," tulis keterangan dalam unggahan yang sudah dihapus Tjahjo itu.

Pihak Kominfo sudah melabeli foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut sebagai informasi yang salah.


"Akun dengan nama Emak-emak Cyber Army memposting sebuah foto dengan narasi 'Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit'. Sebelumnya gambar tersebut diklaim sebagai jalanan yang ada di India," tulis Kominfo melalui situs resmi.

"Setelah ditelusuri, ternyata klaim terhadap foto tersebut tidaklah benar. Gambar jalan tol tersebut bukanlah di India maupun di Indonesia, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki," Kominfo menegaskan.


Video Terkait:
Tjahjo Kumolo Sebar Hoax
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo