DAERAH

Festival Danau Sentarum di Kalbar Batal Dilaksanakan

Sejumlah wisatawan menikmati panorama wisata Danau Sentarum serta sejumlah perahu hias memeriahkan Festival Danau Sentarum pada Tahun 2018 lalu.
Sejumlah wisatawan menikmati panorama wisata Danau Sentarum serta sejumlah perahu hias memeriahkan Festival Danau Sentarum pada Tahun 2018 lalu.


PUTUSSIBAU – Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Sudarso, mengatakan pelaksanaan Festival Danau Sentarum Tahun 2021 batal dilaksanakan, karena masih pandemi COVID-19 serta keterbatasan anggaran daerah.

"Festival Danau Sentarum Tahun 2021 ini, belum bisa kita laksanakan karena masih pandemi yang dinilai masih cukup membahayakan," kata Sudarso,Minggu (10/10).

Disampaikan Sudarso, sebenarnya Festival Danau Sentarum merupakan agenda tahunan, tetapi karena terbentur pandemi COVID-19 maka, sejak Tahun 2020 hingga 2021 ini Festival Danau Sentarum tidak bisa dilaksanakan.

Menurut dia, selain masih suasana pandemi COVID-19, salah satu kendala juga yaitu terkait keterbatasan anggaran daerah.

"Jadi, sudah bisa dipastikan Festival Danau Sentarum tidak dilaksanakan, mudah-mudahan Tahun 2022 pandemi COVID-19 sudah berakhir, agar kegiatan kita bisa kembali normal termasuk Festival Danau Sentarum," ucap Sudarso.


Festival Danau Sentarum sebenarnya, sudah masuk dalam kegiatan reguler Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah ditetapkan pelaksanaannya pada 3-5 Desember 2021 mendatang oleh kementerian

Namun, karena pandemi COVID-19 dan keterbatasan anggaran Festival Danau Sentarum tidak bisa dilaksanakan, hal tersebut pun sudah menjadi pertimbangan kepala daerah, tetapi memang terbentur masa pandemi dan keterbatasan anggaran.

Danau Sentarum merupakan objek wisata yang masuk kawasan Taman Nasional Danau Sentarum, berada di daerah perbatasan Indonesia - Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (*)

Editor: Desi Wulandari