POLHUKAM

Kemendagri Jamin Timsel KPU dan Bawaslu Bekerja Independen

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintah Umum (Dirjen Pol dan PUM) Kemendagri, Bahtiar. (Dok Kemendagri)
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintah Umum (Dirjen Pol dan PUM) Kemendagri, Bahtiar. (Dok Kemendagri)

JAKARTA - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintah Umum (Dirjen Pol dan PUM) Kemendagri, Bahtiar menjamin tim seleksi (Timsel) anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan bekerja secara independen. Diketahui, ada 11 orang Timsel anggota KPU dan Bawaslu yang telah diumumkan.

"Tim Seleksi ini sama dengan lima tahun sebelumnya, bekerja secara independen dan tugasnya adalah melaporkan hasilnya kepada Bapak Presiden RI," kata Bahtiar dalam keterangan tertulis, Senin (11/10/2021).

Ia juga memastikan tim akan segera bekerja sesuai dengan tahapan dan tugas yang telah ditetapkan. Tak hanya itu, pengumuman pendaftaran calon juga bakal dirilis dan diputuskan tim seleksi yang telah dibentuk. 

"Timsel ini akan segera bekerja, tentu mendasari Undang-Undang yang tersedia, timsel akan melakukan rapat dan akan menyampaikan lebih lanjut kepada publik," ujar Bahtiar. 

Bahtiar menambahkan, dengan terbentuknya Timsel, pihaknya membuka ruang bagi seluruh warga negara Indonesia mendaftarkan diri sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu.


"Silahkan bagi yang berkenan menjadi calon anggota KPU, calon anggota Bawaslu RI, dibuka untuk publik," tutupnya. 

Adapun 11 anggota Tim Seleksi tersebut adalah Juri Ardiantoro menjabat sebagai Ketua merangkap anggota, Chandra M. Hamzah sebagai Wakil Ketua merangkap anggota, Bahtiar sebagai Sekretaris merangkap anggota.

Sedangkan delapan anggota lainnya yakni Edward Omar Sharif Hiariej, Airlangga Pribadi Kusman, Hamdi Muluk, Endang Sulastri, I Dewa Gede Palguna, Abdul Ghaffar Rozin, Betti Alisjahbana, dan Poengky Indarty.

Editor: Khoirur Rozi