OLAHRAGA

Menpora Optimistis PON Papua Lahirkan Atlet Olimpiade 2024

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali. (ANTARA)
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali. (ANTARA)

JAKARTA  - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali optimistis ajang PON XX Papua bisa melahirkan atlet hebat untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024 mendatang. Menurutnya, para atlet ini perlu menjalani pembinaan yang serius agar mampu menorehkan prestasi di kancah internasional.

"Jadi saya harus memastikan cabang-cabang olahraga unggulan kita yang kita persiapkan untuk Olimpiade Paris 2024 itu benar-benar melakukan pembinaan dan kompetisi," kata Amali dalam keterangan tertulis, Senin (11/10/2021).

Menurut Menpora Amali, berdasarkan laporan pengurus FORKI, ada sejumlah atlet Pelatnas yang ikut bertanding dalam PON XX ini. Meski demikian, Menpora berharap akan muncul talenta-talenta lain yang disiapkan untuk masuk Pelatnas.

"Nah PON ini kesempatan untuk melihat talenta-talenta, siapa tahu ada talenta lain lagi selain mereka yang sudah menghuni pelatnas yang bisa untuk kita dorong masuk ke Pelatnas," jelasnya.

Menpora mendorong FORKI untuk melakukan sistem promosi dan degradasi secara adil di antara para atlet. Sebab menurutnya, dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), pihaknya menargetkan atlet Indonesia mampu berprestasi di Olimpiade Paris.


"Sehingga mendapatkan atlet Pelatnas yang benar-benar berkualitas baik secara fisik, teknis strategi dan mentalnya dan merka bisa menjadi duta kita untuk bertanding di kancah internasional. DBON sudah membuat target utama kita adalah Olimpiade dan kita tujuan utama adalah Olimpiade Paris 2024," imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi