DAERAH

Bupati Gorontalo Utara Dorong Peran Perpustakaan Tingkatkan Minat Baca

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, membuka Bimtek bagi para Pustakawan desa dan sekolah tingkat Kabupaten Gorontalo Utara.
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, membuka Bimtek bagi para Pustakawan desa dan sekolah tingkat Kabupaten Gorontalo Utara.

GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, mengatakan, terus mendorong peran perpustakaan yang dimiliki daerah itu, dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

"Di era digital saat ini, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, harus berkreasi dalam meningkatkan minat baca memanfaatkan platform - platform digital yang tersedia," kata Bupati, Indra, Selasa (12/10).

Melalui bimbingan teknis (bimtek) bagi para pustakawan di desa dan sekolah-sekolah, pun diharapkan memberi pengetahuan yang lebih dalam, terkait meningkatkan minat baca masyarakat.

Sebab tugas pustakawan tidak hanya melakukan pengarsipan dokumentasi di suatu wilayah, termasuk desa dan sekolah, namun dituntut berkreasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

"Ada puluhan ribu judul buku disiapkan di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah. Buku-buku tersebut tidak boleh sekadar menjadi koleksi, namun setiap hari diharapkan ada masyarakat yang datang untuk membacanya," katanya.


Jika sulit datang karena jarak ataupun kendala pandemi COVID-19, maka peran Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah dalam menyiapkan platform digital sangat diperlukan.

Agar pembaca mudah mendapatkan keperluan bacaannya, untuk menambah pengetahuan yang luas tentang perkembangan negeri ini maupun manca negara.

Olehnya kata dia lagi, sosialisasi di ruang publik terkait perpustakaan sebagai sumber pengetahuan dan informasi agar terus digencarkan. Termasuk perpustakaan digital yang mulai diperkenalkan kepada masyarakat.

Serta informasi tentang kemajuan pembangunan daerah, biografi para pemimpin daerah, serta perkembangan lainnya yang terjadi di tingkat nasional dan daerah. (*)

Editor: Desi Wulandari