DAERAH

Bupati Muba Akan Edukasi Masyarakat Soal Bahaya Illegal Drilling

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin.
Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin.


JAKARTA -  Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin akan mengedukasi masyarakat perihal bahaya pengeboran minyak secara ilegal (illegal drilling). Selain berdampak negatif bagi lingkungan, praktik ini juga berbahaya untuk keselamatan para penambang.

Hal itu ia sampaikan mengingat praktik pengeboran minyak ilegal marak di wilayahnya. Menurut Dodi, selain penegakan hukum, edukasi juga perlu dilakukan agar masyarakat tidak terlibat dalam pekerjaan yang melanggar hukum.

“Kita ingin bahwa penegakan hukum ini dibarengi solusi yang harus diambil,” kata Dodi dalam diskusi bertajuk ‘Penanggulangan Aktifitas Illegal Drilling Dalam Perspektif Hukum dan Dampaknya Di Kabupaten Musi Banyuasin’, Rabu (13/10/2021).

Dodi mengatakan, sumur-sumur tua yang menjadi tempat illegal drilling akan digunakan untuk kebutuhan masyarakat. Tidak hanya itu, ia juga mengajak pemangku kepentingan turut mengelola sumur-sumur tersebut.

“Kita memberdayakan masyarakat sekitar melalui sumur-sumur tua. Pengelolaan ini bisa menyerap tenaga kerja, atau mereka menggunakan sumur tersebut untuk mencari makan. Ditampung disebuah koperasi atau bekerjasama dengan BUMD,” jelasnya.


Untuk mewujudkan hal itu, perlu ada kolaborasi dengan pihak terkait untuk memanfaatkan sumur-sumur tua tersebut yang nantinya digunakan untuk kepentingan rakyat.

“Oleh karena itu BUMD tidak bisa jalan sendiri, harus bersama legulator yaitu SKK Migas. Dia yang mengeluarkan peraturan,” katanya.


Video Terkait:
Sumur Minyak Ilegal Meledak
Editor: Khoirur Rozi