DAERAH

Manjakan Akses Pelayanan Masyarakat, MPP Kabupaten Bombana Siap Diresmikan

MPP Kabupaten Bombana akan beroperasi mulai Kamis (14/10/2021). (Ist)
MPP Kabupaten Bombana akan beroperasi mulai Kamis (14/10/2021). (Ist)

BOMBANA - Masyarakat Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, akan dimanjakan dengan kemudahan mengakses pelayanan administrasi, perizinan dan non-perizinan. 

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bombana siap diresmikan dan hadir untuk melayani masyarakat mulai Kamis (14/10/2021).

Peresmian MPP yang pertama di wilayah Sultra akan dilakukan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN-RB), Diah Natalisa, bersama dengan Gubernur Sultra, Ali Mazi, serta Bupati Bombana, Tafdil. Sebelumnya, telah dilakukan soft launching MPP Kabupaten Bombana pada November 2020.

"Pelayanan publik yang cepat dan terintegrasi kini hadir di Kabupaten Bombana melalui MPP. Yang merupakan MPP pertama di Sulawesi Tenggara dan MPP ke 45 di Indonesia," ujar Diah di Bombana, Rabu (13/10/2021).

MPP Kabupaten Bombana berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Kasiputi, Kecamatan Rumbi, dan berdiri di atas lahan seluas 1.876 meter persegi. Terdapat 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN serta layanan perbankan yang tergabung di MPP Kabupaten Bombana. 


Diah mengatakan, masyarakat Kabupaten Bombana yang tersebar di 22 kecamatan, 22 kelurahan dan 121 desa dapat menikmati sebanyak 156 layanan di MPP tersebut.

MPP Kabupaten Bombana juga dilengkapi berbagai sarana dan fasilitas sehingga masyarakat dapat mengakses pelayanan dengan nyaman. Fasilitas yang tersedia antara lain mesin antrean, ruang tunggu, ruang pengaduan, ruang bermain anak, ruang laktasi, toilet, mushala, kantin serta tempat parkir kendaraan roda empat dan dua. Di masa pandemi COVID-19 yang belum usai ini, protokol kesehatan juga turut diberlakukan secara ketat.

"Kami sangat menyambut baik hadirnya MPP di Kabupaten Bombana ini sebagai transformasi pelayanan serta bukti keseriusan pemerintah untuk mendekatkan diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelas Diah.

Bukti keseriusan ini ditunjukkan Pemkab Bombana, di mana Bupati Tafdil turut serta menandatangani komitmen penyelenggaraan MPP di tahun 2021 dengan Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, pada awal 2021. Selain itu, pembangunan gedung MPP yang hanya memakan waktu tiga bulan juga menjadi bukti keseriusan dan kecepatan untuk mempermudah pelayanan masyarakat.

Plt. Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III Kementerian PAN-RB, Muhammad Yusuf Kurniawan, menyatakan, Kementerian PAN-RB turut mendampingi semangat pembangunan MPP Kabupaten Bombana. Menurutnya, berbagai masukan untuk peningkatan kualitas pelayanan dan sarana prasarana serta pengintegrasian pelayanan diberikan hingga akhirnya MPP Kabupaten Bombana siap untuk diresmikan.

"Peresmian MPP Kabupaten Bombana yang pertama di Sulawesi Tenggara ini diharapkan menjadi percontohan bagi kabupaten dan kota lainnya di wilayah Sulawesi Tenggara," tutup Yusuf.

Untuk diketahui, berikut instansi yang bergabung di MPP Kabupaten Bombana:

1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)
2. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
3. Badan Pendapatan Daerah
4. Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial
5. Dinas Kesehatan
6. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM
7. Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat)
8. Polres Bombana
9. Kantor Pertanahan
10. Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP)
11. BPJS Ketenagakerjaan
12. BPJS Kesehatan
13. Taspen
14. Bank Sultra.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo