POLHUKAM

Sebar Hoaks, Pemilik Aktual TV Terancam 10 Tahun Penjara

Hoaks / Net
Hoaks / Net


JAKARTA – Tersangka kasus berita bohong yakni AZ, yang merupakan direktur Aktual TV, juga M selaku pengelola channel yang melakukan editing, upload, dan konten creator, dan AF selaku pengisi suara atau narator di Aktual TV akan mendekam di dalam sel selama 10 tahun.

"Dalam kasus ini AZ, M, dan AF selaku tersangka disangkakan Undang-Undang ITE Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 tahun 2006 tentang ITE. Pasal 14 ayat (1) kemudian ayat (2) dan Undang-Undang Tentang Hukum Pidana Pasal 28 dengan ancaman 10 Tahun Penjara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Yusri Yunus dalam konferensi pers, di Polres Jakarta Pusat, Jumat (15/10/2021).

Yusri mengungkapkan, modus dari tiga tersangka tersebut, melalui media elektronik dengan cara memposting, menyebarkan di kanal YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lainnya.

"Dari konten hoaks ini yang diambil dan disebarkan atau disebarluaskan oleh akun-akun lainnya menyebabkan kegaduhan memecah belah persatuan bangsa, bernuansa sara, kemudian menggunakan atribut-atribut agama disini yang dapat mengganggu sinergitas," kata Yusri.

Yusri menyampaikan, pihaknya juga telah mengamankan barang bukti berupa alat elektronik, dan bukti pendukung lainnya seperti barang bukti yang diambil dari kanal YouTube Aktual TV.


"Barang bukti yang sudah kita amankan cukup banyak, ada handphone, kemudian juga kartu-kartu ATM, ada akun-akun youtube dari kanal Aktual TV, dan barang-barang lainnya."

Sebelumnya diberitakan, ketiga tersangka dengan sengaja menyebarkan berita bohong demi mencari keuntungan, meski membuat kegaduhan di masyarakat. [***]

Editor: Saeful Anwar