WARNA-WARNI

Perilaku Masyarakat Penentu Gelombang Ketiga COVID-19

Ilustrasi / Net
Ilustrasi / Net

JAKARTA - Gelombang ketiga Covid-19 di tanah air ditentukan oleh prilaku masyarakat. Penerapan protokol kesehatan menjadi faktor utama. Selain itu, vaktor lainnya yakni varian baru virus SARS-CoV-2.

"Gelombang ketiga itu datang atau tidak tergantung dari masyarakat. Bagaimana masyarakat menjaga protokol kesehatan secara baik dalam komunitas, karena angka penularan itu dari orang-orang," kata Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Dante mengatakan, varian terbaru Covid-19 yang bernama AY.4.2 saat ini sedang berkembang di Inggris hingga memicu gelombang baru. "Adanya varian baru saat ini Delta dan Delta Plus yang sudah berkembang di Inggris yaitu AY.4.2, itu adalah varian baru yang sedang berkembang di Inggris," katanya.

Dirinya mengatakan, Kemenkes sedang berupaya mengidentifikasi segala potensi yang memicu penaikan gelombang di berbagai negara. Sedangkan untuk menjaga agar kasus di dalam negeri tetap melandai, kata Dante, pemerintah tetap melakukan pembatasan mobilitas masyarakat. Salah satunya, kata dia, kebijakan dalam pengaturan hari libur nasional hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Walaupun sekarang sudah mulai turun kasusnya, diharapkan masyarakat tidak euforia, karena di beberapa tempat sudah kami identifikasi kasusnya agak sedikit meningkat dibandingkan dengan tempat-tempat lain," kata dia. [***]



Video Terkait:
Indonesia Lewati Puncak Covid 19
Editor: Saeful Anwar