DAERAH

Danau Ranau Bakal Jadi Wisata Unggulan Sumsel

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya. (Net)
Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya. (Net)

PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong pengembangan destinasi wisata Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dengan menyalurkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang bersumber dari pos bantuan gubernur.

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, mengatakan, melalui bantuan dana tersebut diharapkan objek wisata Danau Ranau menjadi destinasi unggulan di Sumsel.

"Pembangunan kawasan wisata Danau Ranau ini menjadi suatu keharusan karena destinasi wisata ini sangat memungkinkan untuk jadi andalan bagi Sumsel," katanya di Palembang, Selasa (26/10/2021).

Melalui dana bantuan gubernur (bangub) diharapkan pengembangan ekonomi terpadu di Danau Ranau dapat dilakukan pemerintah setempat. Pembangunan yang dapat dilakukan seperti revitalisasi Bandara Banding Agung, peningkatan akses jalan, pembangunan exit Tol Pematang Panggang-Kayuagung menuju Belitang OKU Timur. Kemudian, peningkatan jalan provinsi ruas Muaradua-Kota Baru-Lampung.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, mengatakan, daerahnya telah menerima alokasi dana bantuan gubernur dalam dua tahun terakhir. Alokasi dana APBD itu membawa dampak positif bagi kemajuan infrastruktur Kabupaten OKU Selatan termasuk sektor wisata.


Ia mengatakan, adanya perbaikan akses lalu lintas di perbatasan Sumsel dengan provinsi tetangga yakni Lampung dan Bengkulu telah berdampak positif bagi masyarakat. Sebelumnya, akses menuju Bengkulu memaksa pengendara harus memutar, kini hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi.

"Dampaknya terasa sangat baik bagi peningkatan kunjungan wisatawan dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat," ujarnya.

Ke depan, ditambahkan Popo Ali, Pemkab OKU Selatan berencana memperbaiki akses jalan menuju objek wisata Danau Ranau untuk menarik lebih banyak kunjungan pelancong.

Artikel ini juga dimuat di Koran Info Indonesia.


Video Terkait:
Wagub Sumsel Bicara Didepan Para Pejuang
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo