DAERAH

Destinasi Bantul Dikunjungi Puluhan Ribu Orang Pada Libur Akhir Pekan

Wisatawan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DIY.
Wisatawan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DIY.


BANTUL – Destinasi wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikunjungi sebanyak 30.000 orang lebih selama libur akhir pekan sejak Jumat (29/10) sampai Minggu (31/10), yang bertepatan dengan masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2.

"Data pengunjung dari hari Jumat sampai Minggu hingga pukul 18.00 WIB sebanyak 30.433 orang, dengan pendapatan retribusi sebesar Rp295,7 juta," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Minggu (31/10).

Jumlah kunjungan itu dihimpun dari beberapa destinasi di Bantul yang sudah melakukan uji coba pembukaan pada PPKM Level 2, yaitu kawasan Pantai Parangtritis, kawasan pantai wilayah barat mulai dari Pantai Baros sampai Pandansimo, objek wisata Gua Selarong, dan Gua Cerme.

Sementara itu, Staf Bidang Pemasaran, Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Aji, mengatakan, dari semua destinasi itu, wisata kawasan Pantai Parangtritis yang termasuk Pantai Parangkusumo, dan Depok merupakan objek dengan jumlah kunjungan terbanyak.

Dia mengatakan, seperti pada Minggu (31/10), kawasan Pantai Parangtritis dalam sehari dikunjungi sebanyak 15.600 orang.


"Kemudian pantai wilayah barat dikunjungi 2.970 orang, Gua Selarong dikunjungi 200 orang, Gua Cerme sembilan orang. Total pendapatan wisata hari ini sebesar Rp182,2 juta," katanya.

Dia juga mengatakan, objek wisata di Bantul tersebut sudah mulai melakukan uji coba pembukaan sejak 20 Oktober, setelah kabupaten ini ditetapkan status PPKM Level 2, atau turun dari Level 3 pada 19 Oktober, dalam uji coba tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

"Selama uji coba pembukaan wisata dari 20 sampai 31 Oktober, jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul sebanyak 88.949 orang, dengan pendapatan sebesar Rp864 juta," katanya. (*)

Editor: Desi Wulandari