POLHUKAM

PILPRES 2024

Relawan Yakin Pengalaman Prabowo-Puan

Sejumlah relawan melakukan deklarasi Poros Prabowo-Puan di kawasan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta, Rabu (3/11/2021). (Tribunnews)
Sejumlah relawan melakukan deklarasi Poros Prabowo-Puan di kawasan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta, Rabu (3/11/2021). (Tribunnews)


JAKARTA - Sejumlah relawan yang mengatasnamakan Poros Prabowo-Puan memberikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPR Puan Maharani untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pilpres 2024.

"Kami terpanggil untuk menghimpun dan menyatukan visi, misi dan tekad, untuk tampil dan bergerak bersama dalam mengambil bagian untuk mendorong agar terwujudnya kedua tokoh bangsa tersebut, menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden periode 2024-2029," kata Deklarator Poros Prabowo-Puan, Andianto, di Matraman, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Ia kemudian menjelaskan alasan pihaknya memberikan dukungan kepada Prabowo-Puan untuk maju saat Pilpres 2024. Pertama, pihaknya menilai sosok Prabowo memiliki elektabilitas tinggi dalam sejumlah survei nasional.

"Di antara tokoh bangsa dan tokoh politik yang muncul dan memiliki elektabilitas tinggi adalah sosok Bapak Jenderal Prabowo Subianto," jelasnya.
 
Menteri Pertahanan itu dinilai cukup sukses dalam bekerja membangun pertahanan negara. Terutama, dalam hal penguatan alat utama sistem senjata (Alutsista) nasional.

"Termasuk pembentukan Komponen Cadangan dan juga dari aspek kekuatan teknologi (Cyber War) tanpa menguras APBN," tutur dia.


Prabowo juga dinilai memiliki visi besar untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang berdaulat, yakni mampu berdiri di atas kaki sendiri tanpa ketergantungan pihak asing. Kemudian, soal kemandirian ekonomi, Prabowo dinilai memiliki visi membuat rakyat menikmati hasil dari kekayaan alam bangsa Indonesia.

"Para petani bisa menikmati hasil pangannya dengan seluas-luasnya, tanpa harus dihantui dengan impor produk-produk pertanian dari luar negeri yang dapat mematikan hasil pertanian rakyat sendiri (Kedaulatan Pangan)," ungkapnya.

Sementara terkait Puan, menurut Andianto, politisi PDI-P itu merupakan sosok politikus perempuan yang berpengalaman.

"Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua DPR. Beliau merupakan cucu dari tokoh pendiri bangsa Indonesia yaitu Bapak Ir. Soekarno, Presiden pertama RI," kata dia.

Andianto menilai, kehadiran Puan yang diusung sebagai cawapres patut disyukuri bersama.

"Patut kita bangga dan syukuri bahwa ada generasi penerus dari sosok the founding father yang ingin melanjutkan cita-cita leluhurnya, yaitu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika sebagai semangat dari Pancasila dan UUD 1945," terang Andianto.

Andianto menambahkan, usai deklarasi ini, pihaknya akan membentuk perwakilan di seluruh wilayah Indonesia. 

Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani, menegaskan, deklarasi tersebut tidak dilakukan oleh partainya.

"Saya tidak tahu, Gerindra tidak melakukan itu," kata Muzani kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Namun, ia mengatakan, salah satu fokus Gerindra saat ini memang berupaya membawa Prabowo menjadi calon presiden 2024. Menurut Muzani, calon presiden dari Gerindra memang hanya Prabowo Subianto.

"Calon presiden dari Partai Gerindra hanya satu, tunggal, namanya Prabowo Subianto," tegasnya.

Dia menyampaikan, partainya tengah fokus melakukan konsolidasi internal dalam rangka memperkuat kekuatan struktur partai. Penguatan internal ini, juga meliputi maksimalisasi jajaran anggotanya di tingkat kabupaten, kota, provinsi, serta DPR. Kemudian, juga Gerindra akan semakin mengoptimalkan untuk melayani dan memperjuangkan aspirasi yang berkembang di masyarakat.
 
"Itu yang sedang kami lakukan, karena sisa waktu yang ada sudah 2,5 tahun berjalan harus lebih maksimal lagi, sehingga itu yang sedang kami lakukan," kata dia.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di Koran Info Indonesia.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo