DAERAH

Bupati Sleman Raih Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, meraih apresiasi keterbukaan informasi publik dari Komisi Informasi Daerah DIY.
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, meraih apresiasi keterbukaan informasi publik dari Komisi Informasi Daerah DIY.

SLEMAN – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, meraih penghargaan keterbukaan informasi publik yang diselenggarakan Komisi Informasi Daerah (KID), Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di Sleman, Rabu (10/11).

"Penghargaan dan apresiasi diberikan kepada Bupati Sleman, atas komitmennya mendorong peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Sleman, untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik," kata Ketua KID DIY, Mohammad Hasyim.

Ia mengatakan, pemberian penghargaan dan apresiasi bagi pemerintah daerah, lembaga pemerintah, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), bertujuan menilai seberapa besar upaya organisasi perangkat daerah (OPD) di DIY, mengimplementasikan keterbukaan informasi, peraturan, dan perundang-undangan mengenai keterbukaan informasi publik.

"KID DIY telah membentuk tim penilaian sejak Maret 2021, yang kemudian melakukan kunjungan di sejumlah OPD di DIY, dan melakukan sejumlah uji coba, antara lain uji website dan uji akses," katanya.

Menurut dia, seluruh proses uji dan penilaian terhadap pelayanan informasi tersebut, memiliki substansi untuk pemenuhan hak informasi terhadap warga negara.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyampaikan bahwa apresiasi yang diberikan KID DIY merupakan apresiasi, sekaligus motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan khususnya terkait keterbukaan informasi publik. (*)


Editor: Desi Wulandari