DAERAH

Seluruh Pemerintah di Babel Percepat Replikasi Inovasi Pelayanan Publik

Pemerintah Daerah se - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menandatangani komitmen replikasi inovasi pelayanan publik.
Pemerintah Daerah se - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menandatangani komitmen replikasi inovasi pelayanan publik.


BELITUNG – Pemerintah Daerah se - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menandatangani komitmen replikasi inovasi pelayanan publik, sebagai percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dan reformasi birokrasi.

"Komitmen yang ditandatangani ini bukan sekadar seremoni, tetapi untuk segera bisa diterapkan, sehingga manfaatnya cepat dirasakan masyarakat," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan, usai penandatanganan komitmen replikasi inovasi pelayanan publik di Belitung, Jumat (12/11).

Ia mengatakan, penandatanganan komitmen ini merupakan puncak acara replikasi inovasi pelayanan public, dan diharapkan kepada Pemkab Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Pemkot Pangkalpinang, yang menerapkan program replikasi inovasi pelayanan publik, untuk segera membuat rencana aksi.

"Ini merupakan bukti komitmen pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam melaksanakan replikasi inovasi secara terkoordinir dan bersinergi, serta wujud dukungan terhadap pembangunan inovasi di daerah masing-masing, secara terintegrasi dan berkelanjutan," ujarnya.

Menurut dia ciri daerah yang maju adalah, daerah yang memiliki daya saing tinggi. Adapun untuk mewujudkan daerah yang berdaya saing perlu adanya sumber daya manusia (SDM), yang handal, kreatif dan inovatif.


"Implementasi gagasan baru, baik inovasi birokrasi guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan public, dan reformasi birokrasi," katanya.

Penandatanganan komitmen replikasi inovasi pelayanan publik, dilakukan oleh seluruh kepala daerah kabupaten/kota se - Babel, nampak hadir Bupati Bangka Barat, Sukirman, Bupati Belitung, Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur, Burhanuddin, Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, sementara Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Bangka Selatan hanya diwakili oleh perwakilannya.

Berdasarkan penyusunan rencana aksi pelaksanaan replikasi berdasarkan kebutuhan dan kesesuaian masing-masing daerah, yaitu Pemprov Babel 3 inovasi, Kota Pangkalpinang 2 inovasi, Kabupaten Bangka 5 inovasi, Kabupaten Bangka Barat 4 inovasi, Kabupaten Bangka Tengah 2 inovasi, Kabupaten Bangka Selatan 1 inovasi, Kabupaten Belitung 3 inovasi, dan Kabupaten Belitung Timur 3 inovasi. (*)

Editor: Desi Wulandari