POLHUKAM

KPK Cari Penyimpangan Dalam Penyelenggaraan Formula E

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata. (Antara)
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata. (Antara)


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ingin mengetahui lebih dulu duduk perkara terkait persoalan penyelenggaraan balap mobil Formula E di Jakarta.

"Prinsipnya dalam proses penyelidikan, kami ingin mengetahui duduk perkara dalam persoalan ini," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Ia mengatakan bahwa saat ini KPK sedang menyelidiki dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E. Menurut Alex, penyelidikan tersebut dilakukan untuk lebih mendalami sejauhmana penyelenggaraan atau rencana penyelenggaraan Formula E tersebut.

"Para pihak yang kami duga mengetahui terkait dengan mungkin rencana penyelenggaraan itu terus bagaimana pembiayaannya. Kemudian bagaimana menyetorkan uang itu, itulah yang akan kami undang untuk menjelaskan," jelasnya.

Selain itu, dalam proses penyelidikan, KPK juga masih mencari apakah ada penyimpangan dalam penyelenggaraan Formula E tersebut.


"Kalau dalam penyelidikan nanti ditemukan ada penyimpangan, penyimpangannya seperti apa. Seperti itu. Kalau tidak ada, ya sudah," kata Alex.

Pemprov DKI Jakarta dan BUMD DKI PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah menyerahkan dokumen yang berisi seluruh proses Formula E kepada KPK pada Selasa (9/11/2021). Dari dokumen setebal 600 halaman itu diharapkan agar KPK mendapatkan informasi secara detail dan utuh mengenai penyelenggaraan ajang balap mobil listrik itu.

Kepala Inspektorat DKI Jakarta, Syaefulloh Hidayat, mengatakan, penyerahan dokumen mengenai penyelenggaraan Formula E kepada KPK merupakan bentuk transparansi Pemprov DKI Jakarta. Penyerahan dokumen tersebut juga merupakan bagian dari upaya memitigasi risiko dalam setiap penyelenggaraan urusan pemerintahan khususnya di Pemprov DKI Jakarta. Ia memastikan bahwa Pemprov DKI Jakarta siap memberikan keterangan jika KPK memerlukan penjelasan lebih lanjut soal penyelenggaraan Formula E.


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo