WARNA-WARNI

Pengawasan Tempat Karaoke Bakal Diperketat

Tempat Karaoke. (Net)
Tempat Karaoke. (Net)


INFO INDONESIA, JAKARTA - Pengawasan terhadap tempat karaoke keluarga di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Selatan bakal diperketat, menyusul penyesuaian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Ibu Kota.

Hal itu disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Selatan, Ujang Harmawan di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (18/11/2021). Dia mengatakan, pengetatan bertujuan untuk mencegah timbulnya klaster penularan COVID-19 di tengah masyarakat.

"Karaoke keluarga ada 62 dan di Jakarta Selatan ada 10. Kita antisipasi bersama Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif. Kita bersama tiga pilar setiap malam, dan terutama akhir pekan melakukan patroli pengawasan," kata Ujang.

Ujang menambahkan, langkah itu juga bertujuan guna mengantisipasi tempat karaoke eksekutif beroperasi, yang hingga saat ini belum diizinkan beroperasi.

Dia mengatakan, pihaknya kerap menemukan pemilik tempat usaha, khususnya hiburan malam yang ingin membuka operasionalnya kendati Pemprov DKI belum mengeluarkan izin.


"Kalau belum ada (izin) lalu ketahuan ya siap-siap menanggung risiko penutupan dan denda, termasuk yang sudah berizin tapi tetap ada pelanggaran (seperti kerumunan dan tak bermasker)," ujar dia.

Selain tempat karaoke, Ujang memastikan, satuannya bersama tiga pilar juga terus mengawasi operasional tempat usaha dan tempat hiburan lainnya.

Berdasarkan hasil pengawasan selama sepekan terakhir, Ujang menyatakan, terjadi tren penurunan pelanggaran di tempat-tempat tersebut.

Dari tempat usaha yang sudah ditinjau kurang lebih sekitar 54 tempat usaha itu tidak ada pelanggaran. "Terakhir, cuma satu yang di Setiabudi saja beberapa waktu lalu," katanya.

Editor: Saeful Anwar