DAERAH

Jelang WSBK, Rumah Warga di Sekitar Sirkuit Mandalika Jadi Penginapan Dadakan

Balapan IATC di Sirkuit Mandalika. (ANTARA/MGPA)
Balapan IATC di Sirkuit Mandalika. (ANTARA/MGPA)


JAKARTA – Rumah warga di sekitar Sirkuit Mandalika banyak dijadikan penginapan dadakan menjelang Kejuaraan Dunia Superbike atau WSBK. Hal ini disebabkan hotel di kawasan Lombok Tengah rata-rata sudah habis dipesan.

"Informasinya menjelang WSBK ini banyak rumah warga yang disewa untuk dijadikan tempat penginapan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah, Lendek Jayadi dikutip dari Antara, Kamis (18/11/2021).

Menurut Lendek, jumlah kamar hotel dan homestay yang tersedia di Lombok Tengah mencapai 3.000 unit. Sedangkan, ia memperkirakan jumlah penonton WSBK di Sirkuit Mandalika mencapai 25 ribu orang.

"Artinya sebagian penonton ada yang menginap di luar Lombok Tengah," katanya.

Selain di Lombok Tengah, kata Lendek, tingkat keterisian hotel di Mataram dan Lombok Barat juga ikut meningkat. Artinya, antusiasme masyarakat luar daerah cukup tinggi untuk menyaksikan ajang balap tersebut.


"Allhamdulilah full booking baik hotel maupun homestay," ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, banyak penonton yang akan menyaksikan balapan terpaksa mencari rumah warga untuk menginap. Rumah warga menjadi pilihan lantaran tidak terlalu jauh dari Sirkuit Mandalika.

"Banyak rumah warga yang di sewa untuk dijadikan penginapan, termasuk Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) rumah warga yang telah tuntas dikerjakan," katanya.


Video Terkait:
Jokowi: UU Ciptaker Tetap Berlaku
Editor: Khoirur Rozi