POLHUKAM

Besok, Aliansi Anak Bangsa Geruduk Istana Negara Desak Jokowi Copot Jaksa Agung Burhanuddin

Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Net)
Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Net)

JAKARTA - Persoalan identitas ganda atau KTP Jaksa Agung ST Burhanuddin, juga pernikahannya dengan wanita bernama Mia Amiati Iskandar, yang menjabat sebagai Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel), terus menjadi perhatian publik.

Jika sebelumnya persoalan tersebut telah dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara dan Kementerian Dalam Negeri oleh dua lembaga swadaya masyarakat, yakni Koalisi Masyarakat Penjaga Adhyaksa (Komjak) dan Jaga Adhyaksa, kali ini Aliansi Anak Bangsa Republik Indonesia berencana menggelar aksi turun ke jalan.

Dalam keterangan pers yang beredar di kalangan wartawan, Rabu (24/11/2021), para pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Anak Bangsa Republik Indonesia bakal menggelar aksi di Istana Negara, Kamis (25/11/2021) besok, pukul 14.00 WIB.

Ada dua tuntutan yang akan mereka sampaikan. Pertama, menuntut agar Presiden RI, Joko Widodo memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo memeriksa dugaan adanya poligami yang diduga melibatkan Jaksa Agung RI.

"Kedua, mendesak Presiden Joko Widodo untuk mencopot Jaksa Agung RI apabila dugaan poligami yang diduga melibatkan ASN Kejaksaan Agung terbukti karena dugaan melanggar peraturan perundang-undangan," demikian bunyi tuntutan Aliansi Anak Bangsa Republik Indonesia.


Saat dikonfirmasi, koordinator aksi, Frans membenarkan bakal adanya aksi tersebut. "Iya benar. Besok," kata dia kepada Info Indonesia.

Diketahui, dalam pemberitaan yang pernah dimuat Info Indonesia, Selasa (2/11/2021), Ketua RT 010 Jalan Ayub, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, memastikan Dra. Mia Amiati Iskandar atau lebih dikenal sebagai Mia Amiati yang merupakan pejabat di lingkungan Kejaksaan Agung adalah istri dari Jaksa Agung ST Burhanuddin. Mia Amiati saat ini menjabat sebagai Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel).

"Ibu Mia (Amiati) KTP di sini sudah elektronik. Dia (Mia) di sini sudah tinggal lama, dari zaman saya belum jadi Ketua RT. Dari zaman bapak saya yang ketua RT (sudah tinggal sini)," kata Agus, Ketua RT 010, Jalan Ayub, Pejaten Barat, Pasar Minggu, saat ditemui wartawan Info Indonesia, Senin (1/11/2021).

Agus menuturkan, pihaknya mengenal Mia Amiati sebagai pejabat di lingkungan Kejaksaan Agung. Bahkan Mia diketahui warga pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Riau. Mia diketahui setiap bulan puasa acap menggelar santunan walau beberapa tahun terakhir sudah tidak pernah.

Sementara itu, berdasarkan situs resmi Kejaksaan RI, Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) Pusat dipimpin oleh Sruningwati Burhanuddin (Ibu Jaksa Agung). Pernyataan resmi situs Kejaksaan itu menegaskan bahwa istri dari Jaksa Agung Burhanuddin adalah Sruningwati Burhanuddin.

Untuk memastikan hubungan suami istri Jaksa Agung Burhanuddin dan Mia Amiati itu, wartawan Info Indonesia berupaya memverifikasinya ke Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung. Akan tetapi, wartawan Info Indonesia dilarang masuk dan dianjurkan untuk mengirimkan surat permohonan untuk wawancara kepada Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung, Katarina Endang Sarwestri.

Redaksi Info Indonesia mengajukan surat permohonan untuk melakukan wawancara dengan Mia Amiati terkait soal pemberitaan dirinya sebagai istri kedua dari Jaksa Agung Burhanuddin, pada tanggal 9 November 2021. Surat tersebut diterima oleh Hafifah yang merupakan staf bagian persuratan dan kearsipan biro umum di Kejaksaan Agung.

Kemudian, dirinya menyampaikan jika surat yang dikirimkan redaksi Info Indonesia sudah diterima oleh staf dari Mia Amiati, yang namanya tidak terlihat dengan jelas, lantaran huruf yang ditulis bagaikan tulisan dokter.

"Selamat siang mas. Sudah dikirim dan diterima oleh stafnya bu Mia," tulis Hafifah melalui pesan WhatsApp, Selasa (9/11/2021), yang disertai foto bukti penerimaan surat.

Namun sampai saat ini, redaksi belum menerima ataupun mendapatkan respons atau tanggapan balik terkait permintaan untuk melakukan wawancara kepada Mia Amiati Iskandar.

Editor: Saeful Anwar