POLHUKAM

Bantah Bamsoet, Istana Tegaskan Presiden Jokowi Enggak Ikut Campur Formula E

Presiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).(dok. Agus Suparto)
Presiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).(dok. Agus Suparto)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo tidak akan cawe-cawe dalam pergelaran Formula E. Persiapan ajang balap mobil listrik itu sepenuhnya tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Hal itu dikatakan Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, menanggapi pemberitaan yang mengutip pernyataan Co Founder Formula E, Alberto Longo, dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo atau Bamsoet.

Dalam konferensi pers kemarin (Rabu, 24/11/2021), Alberto mengatakan, pihak Formula E Operations (FEO) akan mengkaji lima opsi lokasi sirkuit untuk selanjutnya diputuskan oleh Presiden Jokowi.

Keterangan serupa datang dari Bamsoet yang juga Ketua MPR RI. Bamsoet bahkan menyatakan hasil kajian dari FEO akan diberikan ke Presiden Jokowi sebelum ditentukan menjadi lokasi sirkuit.

"Menanggapi pemberitaan bahwa 'venue', pemilihan jalur 'racing', dan hal-hal lain dalam penyelenggaraan Formula E akan diputuskan oleh Presiden, kami sampaikan bahwa hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab Pemprov DKI dan panitia penyelenggara," kata Faldo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (25/11/2021).


"Kami perlu tegaskan bahwa sejak awal, inisiatif, skenario pembiayaan, dan kepanitiaan penyelenggaraan Formula E menjadi domain Pemprov DKI, karena itu semua terkait Formula E menjadi tanggung jawab Pemprov DKI," tambah Faldo.

Menurut Faldo, berbagai dinamika di daerah terkait penyelenggaraan adalah sepenuhnya tanggung jawab pemangku kebijakan daerah dan penyelenggara berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait.

Lima lokasi calon sirkuit Formula E adalah wilayah Jalan Sudirman, Pantai Indah Kapuk (PIK), kawasan Jakarta Internation Stadium (JIS), JIExpo Kemayoran dan Ancol.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Formula E Operations (FEO) bertindak sebagai penyelenggara Formula E, serta PT Jakpro adalah penyelenggara Jakarta E-Prix 2022.

 

Editor: Halomoan