DAERAH

Bantah Bambang Soesatyo, Anies: Formula E Bukan Urusan Presiden

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Net)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Net)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan bahwa lokasi ajang balap mobil listrik Formula E bukan ditentukan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

"Tidak ada. Loh, masak lokasi (ditentukan) Presiden, ya tidaklah. Lokasi kok urusan Presiden," katanya usai rapat terkait libur Natal dan Tahun Baru di Balai Kota Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Menurut Anies, untuk lokasi penyelenggaraan Formula E nantinya ditentukan oleh tim dari Formula E Operation (FEO), Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menampik bahwa dirinya akan melakukan pertemuan dengan Presiden terkait lokasi Formula E yang rencananya diadakan Juni 2022.

Anies mengaku sudah meminta IMI untuk menyampaikan klarifikasi terkait informasi tersebut.

"Saya tadi sudah minta. Nanti IMI akan melakukan klarifikasi soal ini. Masak soal lokasi ke Presiden," jelasnya.


Hingga saat ini belum ada informasi terbaru terkait lokasi Formula E yang masih misterius. Saat ini, tim dari FEO sudah berada di Jakarta untuk melakukan survei lokasi yang bakal dijadikan arena balap mobil listrik tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, mengatakan bahwa Presiden Jokowi yang bakal memutuskan lokasi untuk dijadikan sirkuit balap Formula E. Ia menyebutkan, ada tiga opsi lokasi untuk menggelar Formula E di wilayah Jakarta Utara dan dua opsi di Jakarta Pusat.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, juga menyebutkan Presiden Jokowi yang akan memutuskan lokasi Formula E. Alberto mengatakan, sampai saat ini lokasi sirkuit belum ditentukan karena penentuan ini bukan hal mudah.

"Banyak pilihan bagus. Ada lima lokasi berbeda di luar area terlarang, ada banyak hal teknis. Kami akan lakukan kunjungan ke lima lokasi ini sebelum diumumkan," katanya di Black Stone, Menteng, Jakpus, Rabu (24/11/2021) malam. 

Alberto menambahkan, sebelum Natal lokasi sirkuit Formula E sudah diumumkan. 

"Kami akan mengajukan proposal ke Presiden Indonesia, beliaulah yang akan mengambil keputusan," ujarnya.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo