OLAHRAGA

Anies Ungkap Alasan Tunjuk Sahroni Jadi Ketua Pelaksana Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (baju korpri) bersama Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11/2021). (Kompas/Singgih Wiryono)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (baju korpri) bersama Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11/2021). (Kompas/Singgih Wiryono)


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan alasan penunjukan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni sebagai Ketua Pelaksana Formula E.

Menurut Anies, ada tiga faktor yang menjadi syarat penunjukan Sahroni sebagai ketua pelaksana ajang balap mobil listrik itu.

"Pertama, pak Sahroni adalah seorang yang berpengalaman di dalam kegiatan balap mobil, di dalam kegiatan racing yang amat diperlukan ketika kita melaksanakan sebuah kegiatan seperti Formula E," kata Anies usai berdiskusi dengan Sahroni yang juga Bendahara Umum Partai Nasdem itu, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11/2021).

Kedua, politisi yang dikenal sebagai crazy rich Tanjung Priok ini juga merupakan Ketua Perkumpulan Mobil Listrik di Indonesia. Hal ini tentu sangat berkaitan erat dengan Formula E yang merupakan ajang balap mobil bertenaga listrik.

"Kita sama-sama menyadari bahwa Formula E ini membawa pesan kepada semua bahwa kita perlu mulai bersiap untuk melakukan transformasi kepada moda transportasi yang berbasis emisi, salah satunya kendaraan berbasis listrik," kata Anies.


Jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang kini diduduki Sahroni juga menjadi alasan Anies memilihnya sebagai ketua pelaksana.

"IMI yang merupakan perwakilan FEO (Formula E Operations) di Indonesia diharapkan bisa menjadi jembatan di dalam pelaksanaan nanti," kata Anies.

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun berharap pelaksanaan Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang bisa berjalan dengan baik.

"Kita juga tentu bangga karena yang ditugasi adalah warga Jakarta, asli dari Tanjung Priok yang memang ditugasi menjadi sebuah event yang menempatkan Jakarta dan Indonesia di kancah global," kata dia.


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Saeful Anwar