POLHUKAM

Arsul Sani Serahkan Masalah Jaksa Agung Burhanuddin dan Mia Amiati ke KASN

Jaksa Agung ST Burhanuddin didampingi istrinya Sruningwati Burhanuddin usai lepas sambut Jaksa Agung M Prasetyo, di Gedung Badan Diklat Kejaksaan RI, Jakarta, Senin (28/10/2019). (Ant)
Jaksa Agung ST Burhanuddin didampingi istrinya Sruningwati Burhanuddin usai lepas sambut Jaksa Agung M Prasetyo, di Gedung Badan Diklat Kejaksaan RI, Jakarta, Senin (28/10/2019). (Ant)

JAKARTA - Anggota DPR RI Komisi III, Arsul Sani menyerahkan ke pihak yang berwenang, terkait persoalan Jaksa Agung Sanitiar Burhanudin, mulai dari kepemilikan identitas ganda (KTP), sampai pernikahannya dengan Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Intelijen (JAMintel), Mia Amiati Iskandar.

Sebagai anggota dewan dari komisi yang merupakan mitra kerja Kejakasaan Agung, politikus PPP itu tidak ingin memberi tanggapan lebih jauh sebelum ada keputusan yang jelas dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Biar diurus oleh Komisi ASN. Nanti kalau sudah jelas, baru kita tanggapi," kata Arsul Sani, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senin (29/11/2021) kemarin.

Diketahui, dalam pemberitaan yang pernah dimuat Info Indonesia, Selasa (2/11/2021), Ketua RT 010 Jalan Ayub, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, memastikan Dra. Mia Amiati Iskandar atau lebih dikenal sebagai Mia Amiati yang merupakan pejabat di lingkungan Kejaksaan Agung adalah istri dari Jaksa Agung ST Burhanuddin. Mia Amiati saat ini menjabat sebagai Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel).

"Ibu Mia (Amiati) KTP di sini sudah elektronik. Dia (Mia) di sini sudah tinggal lama, dari zaman saya belum jadi Ketua RT. Dari zaman bapak saya yang ketua RT (sudah tinggal sini)," kata Agus, Ketua RT 010, Jalan Ayub, Pejaten Barat, Pasar Minggu, saat ditemui, Senin (1/11/2021).


Agus menuturkan, pihaknya mengenal Mia Amiati sebagai pejabat di lingkungan Kejaksaan Agung. Bahkan Mia diketahui warga pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Riau. Mia diketahui setiap bulan puasa acap menggelar santunan walau beberapa tahun terakhir sudah tidak pernah.

Sementara itu, berdasarkan situs resmi Kejaksaan RI, Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) Pusat dipimpin oleh Sruningwati Burhanuddin (Ibu Jaksa Agung). Pernyataan resmi situs Kejaksaan itu menegaskan bahwa istri dari Jaksa Agung Burhanuddin adalah Sruningwati Burhanuddin.

Untuk memastikan hubungan suami istri Jaksa Agung Burhanuddin dan Mia Amiati itu, wartawan Info Indonesia berupaya memverifikasinya ke Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung. Akan tetapi, wartawan Info Indonesia dilarang masuk dan dianjurkan untuk mengirimkan surat permohonan untuk wawancara kepada Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung, Katarina Endang Sarwestri.

Redaksi Info Indonesia mengajukan surat permohonan untuk melakukan wawancara dengan Mia Amiati terkait soal pemberitaan dirinya sebagai istri kedua dari Jaksa Agung Burhanuddin, pada tanggal 9 November 2021. Surat tersebut diterima oleh Hafifah yang merupakan staf bagian persuratan dan kearsipan biro umum di Kejaksaan Agung.

Kemudian, dirinya menyampaikan jika surat yang dikirimkan redaksi sudah diterima oleh staf dari Mia Amiati, yang namanya tidak terlihat dengan jelas, lantaran huruf yang ditulis bagaikan tulisan dokter.

"Selamat siang mas. Sudah dikirim dan diterima oleh stafnya bu Mia," tulis Hafifah melalui pesan WhatsApp, Selasa (9/11/2021), yang disertai foto bukti penerimaan surat.

Namun sampai saat ini, redaksi belum menerima ataupun mendapatkan respons atau tanggapan balik terkait permintaan untuk melakukan wawancara kepada Mia Amiati Iskandar.

Berdasarkan catatatn redaksi, sudah terdapat beberapa laporan yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kepada pihak yang berwenang.

Persoalan status kawin Jaksa Agung ST Burhanuddin dengan Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel), Mia Amiati pertama kali dilaporkan oleh LSM Jaga Adhyaksa ke Komite Apartur Sipil Negara (KASN). Kala itu laporan diterima langsung oleh Ketua KASN, Agus Pramusinto di ruang kerjanya, di Jalan Letjen M.T. Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (4/11/2021).

Kemudian, LSM yang berbeda, yaitu Koalisi Masyarakat Penjaga Adhyaksa (Komjak) juga ikut melaporkan Jaksa Agung ST Burhanuddin ke Kementerian Dalam Negeri, Rabu (17/11/2021), terkait KTP ganda milik Jaksa Agung, dan kartu keluarga atas nama Mia Amiati Direktur PPS Jamintel, yang disebut-sebut sebagai istri kedua Jaksa Agung Burhanuddin.

Tidak berhenti sampai disitu, Komjak juga melaporkan dugaan poligami antara Jaksa Agung, ST Burhanuddin, dengan Direktur PPS Jamintel, Mia Amiati, ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Selasa (23/11/2021).

Editor: Saeful Anwar