DAERAH

Hujan Lebat Disertai Petir Landa Bengkulu Hingga Akhir Tahun

Ilustrasi Hujan disertai Petir. (Net)
Ilustrasi Hujan disertai Petir. (Net)


BENGKULU - Hingga akhir Desember 2021 wilayah Bengkulu berpotensi diguyur hujan lebat, yang disertai kilat atau petir, juga angin kencang.

Informasi tersebut disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, melalui Kepala Seksi Data dan Informasi, Anang Anwar, di Bengkulu, Selasa (30/11/2021).

Menurut Anang Anwar, hal tersebut terjadi akibat adanya gangguan gelombang atmosfer tipe 'Low Frequency', yang terpantau berada di Sumatera bagian selatan.

Kemudian, adanya labilitas udara yang cukup kuat, dan kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas atmosfer, yang menyebabkan terjadinya proses pembentukan awan hujan di Bengkulu.

Dia menjelaskan itu terjadi akibat gelombang Rossby Ekuator yang berpropagasi ke arah barat mencakup wilayah Samudera Hindia barat daya Sumatera hingga selatan.


"Karena itu, Bengkulu berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang hingga Desember nanti," kata dia seperti dimuat Antara.

Untuk angin kencang terjadi di Bengkulu dengan kecepatan angin mencapai 5 - 25 knots. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Selat Sunda, Laut Jawa bagian barat, Laut Natuna utara dan perairan selatan Kalimantan. Selain itu ombak tinggi hingga empat meter juga terjadi di wilayah Perairan Timur Pulau Enggano.

Daerah yang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas lebat yang disertai dengan angin kencang yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong. Kemudian Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur.

Pihaknya meminta kepada masyarakat Provinsi Bengkulu untuk waspada terkait potensi hidrometorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Editor: Saeful Anwar