WARNA-WARNI

Menag Sampaikan Persiapan Keberangkatan Jemaah Umrah

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Dok Kemenag)
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Dok Kemenag)


JAKARTA – Kementerian Agama tengah menyiapkan skema keberangkatan jemaah Umrah Indonesia ke Arab Saudi. Persiapan ini dilakukan seiring dengan pencabutan larangan penerbangan dari enam negara termasuk Indonesia.

Selain itu, Kemenag juga berkoordinasi dengan kementerian serta lembaga terkait guna memastikan keberangkatan jemaah Umrah berjalan baik.

“Pemerintah Republik Indonesia terus melakukan koordinasi dan penyiapan skema keberangkatan, dengan melibatkan kementerian dan lembaga lain, serta asosiasi penyelenggara perjalanan ibadah Umrah,” kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri rapat kerja Komisi VIII DPR RI, Selasa (30/11/2021).

Yaqut mengatakan, persiapan pertama yang dilakukan adalah melakukan koordinasi dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Hal ini untuk memastikan teknis operasional penyelenggaraan ibadah Umrah.

"Menyangkut kesiapan Indonesia memberangkatkan jemaah Umrah, skenario keberangkatan jemaah, prosedur flight visa umroh dan pemaketan layanan bagi jemaah Umrah," kata Yaqut.


Kemudian, Kemenag berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19 terkait pemberangkatan jemaah umrah. Koordinasi ini termasuk pemantauan perkembangan vaksinasi serta sertifikat vaksinasi COVID-19.

Ketiga, Kemenag juga berkoordinasi dengan Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, otoritas wilayah 1 Soekarno Hatta, PT angkasa Pura dan maskapai penerbangan. Hal ini berkaitan persiapan pemberangkatan jemaah Umrah melalui bandara Soekarno Hatta.

“Keempat, pembahasan bersama Asosiasi PPIU (Penyelenggara Perjalan Ibadah Haji Umrah), mengenai kebijakan dan skenario penyelenggaraan Umrah di masa  pandemi COVID-19, antara lain mengenai kebijakan One Gate Policy atau OGP,” jelasnya.

Berikutnya, kelima, Kemenag juga akan membahas revisi regulasi KMA no 719 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah pada masa pandemi COVID-19 dan KMA nomor 777  tahun 2020 tentang biaya Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah referensi masa pandemi. 

“Terakhir, menyiapkan Asrama Haji Pondok Gede sebagai tempat pelaksanaan skema OGP. Asrama haji ini memiliki fasilitas akomodasi serta kesehatan yang cukup baik. Sehingga dapat digunakan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan dan karantina,” imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi