POLHUKAM

Kepolisian Pastikan Wilayah Patung Kuda Aman

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, di Monas, Jakarta. (JPNN/Fransiskus Adryanto Pratama)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, di Monas, Jakarta. (JPNN/Fransiskus Adryanto Pratama)


JAKARTA - Polda Metro Jaya (PMJ) pastikan tidak ada peserta reuni 212 yang melakukan aksi di sekitaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat.

Kabid Humas PMJ Endra Zulpan bersyukur karena wilayah Patung Kuda saat ini aman terkendali. Zulpan mengatakan kegiatan pengamanan dilakukan karena aksi reuni 212 juga tidak mendapat izin dari PMJ.

"Sampai dengan hari ini syukur alhamdulillah situasi terkendali aman. Khusus untuk wilayah Patung kuda yang memang situasi ini wilayah yang tidak diperkenankan untuk reuni, karena tidak ada izin dari Polda Metro Jaya," kata Zulpan kepada wartawan, di Patung Kuda, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Namun sebelumnya, Zulpan mengatakan pada pukul 10.00 WIB terdapat 500 lebih peserta reuni 212 yang ingin mencoba masuk wilayah Patung Kuda melalui daerah Wahid Hasyim. Kemudian, pihak kepolisian dan tentara berhasil menghalau dengan memberi himbauan secara halus.

"Tadi tim dari PMJ dibantu Polres Jakpus juga ada unsur Brimob yang ada di lapangan serta teman-temanTNI juga. Ini memberikan imbauan secara humanis kepada masyarakat tersebut agar tidak melakukan kegiatan lanjutan untuk berkumpul di Patung Kuda," kata dia.


Adapun imbauan yang dilakukan pihak kepolisian terkait dengan hukum dan dampak yang bisa terjadi apabila melakukan kegiatan lanjutan di Patung Kuda. Disisi lain, peserta aksi juga akan mendapatkan sanksi-sanksi apabila tetap memaksakan kehendak.

"Nah syukur alhamdulillah masyarakat bisa paham dan membubarkan diri," kata Zulpan.

Zulpan mengatakan, saat ini masyarakat juga harus memahami situasi pandemi COVID-19. Sehingga kegiatan berkumpul seperti reuni 212 tidak dibenarkan karena bisa menyebabkan kerumunan dan berbahaya bagi penularan COVID-19.

"Jadi rekan-rekan sekalian saya ingin menyampaikan bahwa intinya sampai dengan siang ini aman terkendali. Semoga situasi ini juga akan berlanjut sampai dengan nanti malam," ujarnya.


Video Terkait:
Jokowi Dipastikan Tak di Jakarta Saat Momen Reuni 212
Editor: Saeful Anwar