DAERAH

Kebakaran Gedung Cyber Sebabkan Layanan Internet dan Website Terganggu

Kebakaran Gedung Cyber, Jalan Kuningan Barat Raya, Jakarta Selatan. (ANTARA)
Kebakaran Gedung Cyber, Jalan Kuningan Barat Raya, Jakarta Selatan. (ANTARA)

JAKARTA – Kebakaran Gedung Cyber, Jalan Kuningan Barat Raya, Jakarta Selatan berdampak kepada banyaknya website atau layanan internet tidak dapat diakses. Sebabnya, perusahaan penyedia web hosting dan penyedia jasa internet menyewa data center di Gedung Cyber.

Seperti yang dialami penyedia hosting dan domain Rumahweb. Melalui Twitter, Rumahweb menginformasikan bahwa gedung tempat mereka menyimpan data terbakar, sehingga menyebabkan gangguan pada server.

“Kepada seluruh Warga RW (rumahweb), kami informasikan bahwa gedung yang digunakan oleh data center (Gedung Cyber) kami mengalami insiden kebakaran,” tulis Rumahweb, Kamis (2/12/2021).

Kebakaran di gedung tersebut mengharuskan pemadaman listrik untuk meminimalisir tingkat keparahan. Pemadaman ini mengakibatkan seluruh server Rumahweb tidak dapat diakses sementara waktu.

“Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, listrik pada data center dimatikan sehingga semua server Rumahweb yang berada di data center tersebut tidak dapat diakses.”


Hal serupa juga menimpa Niagahoster yang mengumumkan sebagian server mereka ikut terdampak kebakaran Gedung Cyber. Namun, tak lama berselang, Niagahoster berhasil memulihkan masalah ini sehingga server Indonesia milik mereka kembali beroperasi.

“Saat ini network server sudah up dan satu per satu network sudah establish, sehingga seharusnya website sudah bisa diakses dengan baik, silakan melakukan pengecekan kembali ya,” tulis Niagahoster.

Untuk diketahui, ada sekitar 30 perusahaan jasa internet dan sejenis yang menyimpan datanya di Gedung Cyber. Beberapa di antaranya adalah PT Karyagraha Nusantara, PT IP Teknologi Komunikasi, PT Indo Pratama Cybernet, PT Orion Cyber Internet, Smartweb Indonesia, PT Telecommunication Software Support Centre, dan lainnya.


Video Terkait:
Jurus Tolak Api Menghalau Kebakaran
Editor: Khoirur Rozi