POLHUKAM

Prima Sebut Rizal Ramli Kuda Hitam Pilpres 2024

Ekonom senior Rizal Ramli. (Net)
Ekonom senior Rizal Ramli. (Net)

JAKARTA - Langkah ekonom senior Rizal Ramli (RR) menggalang dukungan melalui google form, untuk pencalonan sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendapat respons positif dari berbagai pihak.

Salah satunya, Wakil Ketua Umum Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Alif Kamal. Dirinya mengatakan, penggalangan dukungan yang dilakukan Rizal Ramli sebuah bentuk demokrasi sebagai warga negara, meskipun yang bersangkutan tidak memiliki kendaraan politik.

"Wajar-wajar saja mau mencalonkan diri sebagai Presiden, walaupun tidak punya partai politik," kata Alif kepada Info Indonesia, Kamis (2/12/2021).

Alif menilai, Rizal Ramli merupakan figur yang dapat menjadi kuda hitam pada pemilihan presiden 2024. Rizal merupakan ekonom dengan segudang penglaman. Selain itu, pandangan Rizal Ramli terhadap situasi Indonesia saat memiliki kesamaan dengan DPP Prima.

"Sebagai seorang ekonom sudah banyak pengalaman. Pemikiran soal ekonomi politik tidak jauh berbeda dengan Prima. Soal oligarki dan kesenjangan ekonomi di Indonesia. Dia juga punya kans (untuk menjadi Presiden RI)," kata dia.


Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa kendala yang dapat menghambat jalan Rizal Ramli dalam pesta demokrasi lima tahunan itu, yakni terkait dengan Parliamentary Threshold.

"Menjadi kendala juga terkait Parliamentary Threshold. Ini sama seperti merampas hak warga negara menjadi presiden dan wakil presiden. Parliamemtary Threshold pada 2019 itu gagal terlihat dari 10 hingga 13 juta suara hilang," katanya.


Video Terkait:
PPP Harus Mampu Adptasi di 2024
Editor: Saeful Anwar