POLHUKAM

Cara Rizal Ramli Galang Dukungan Lewat Google Form Upaya Dobrak Oligarki

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti. (Info Indonesia/Khoirur Rozi)
Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti. (Info Indonesia/Khoirur Rozi)


JAKARTA – Cara ekonom senior Rizal Ramli menggalang dukungan lewat google form untuk maju sebagai calon presiden dinilai sebagai upaya mendobrak oligarki. Sebab, cara yang dilakukan politikus untuk mencari dukungan selama ini hanya sebatas pencitraan.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti saat berbincang dengan Info Indonesia, Kamis (2/12/2021). Menurut Ray, mekanisme partai politik dalam menentukan calon presiden hanya menjual citra, buka ide atau gagasan.

"Saya kira perlu diapresiasi supaya Rizal Ramli itu terus mendobrak status quo oligarki ini, tanpa orang-orang seperti Rizal Ramli kita akan terjebak pada mekanisme pemilihan yang berdasarkan pencitraan," kata Ray kepada Info Indonesia, Kamis (2/12/2021).

Oleh sebab itu Ray mendukung apa yang dilakukan Rizal Ramli meskipun terbilang cara baru. Perkara berhasil atau tidak, Ray menilai itu bukan soal.

"Berhasil atau tidak berhasil itu kan kita tahu lah dalam sistem politik oligarki yang seperti sekarang ini tokoh-tokoh independen akan sulit masuk," ujarnya.


Ia menambahkan, cara Rizal Ramli yang tak biasa itu juga sebagai kritik terhadap para tokoh yang hendak mencalonkan diri sebagai presiden. Menurutnya, Rizal Ramli telah mendorong para politikus untuk membangun gagasan serta terlibat perdebatan secara visi-misi.

"Bagus itu yang dilakukan Rizal Ramli supaya orang mulai ditarik lagi ke perdebatan-perdebatan tentang visi misi. Tinggal disiapkan nanti lahannya supaya perdebatan perdebatan diantara mereka bisa muncul," imbuhnya.

Editor: Khoirur Rozi