DAERAH

Pasutri Bertarung di Pilkades, Sang Istri Malah Minta Warga Coblos Suaminya

Emilia Kartika dan Kasiyono saat berada di TPS untuk menyalurkan hak suara mereka dalam Pilkades di Desa Wonosari, Rabu (15/12/2021). (ANTARA)
Emilia Kartika dan Kasiyono saat berada di TPS untuk menyalurkan hak suara mereka dalam Pilkades di Desa Wonosari, Rabu (15/12/2021). (ANTARA)


KALTIM – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terbilang tak biasa. Sebabnya, dua calon kepala desa yang maju adalah pasangan suami istri.

Kasiyono dan sang istri, Emilia Kartika bertarung menjadi orang nomor satu di desa tersebut. Hasilnya, Kasiyono sebagai petahana keluar sebagai pemenang dengan meraih 595 suara. Sedangkan Emilia hanya memperoleh 111 suara dari tiga TPS yang ada.

Usai penghitungan suara, Kasiyono mengaku bersyukur Pilkades kali ini berjalan aman dan lancar. Ia pun berjanji bakal memimpin desa sebaik mungkin selama enam tahun ke depan.

"Alhamdulillah, pilkades di sini aman dan lancar, semoga saya bisa memimpin dengan lancar pula untuk enam tahun ke depan," ujar Kasiyono seperti dikutip dari Antara, Rabu (15/12/2021).

Sementara itu, Emilia merasa senang atas kemenangan suaminya. Sejak awal ia memang yakin bakal kalah melawan sang suami. Bahkan, dalam kampanye Emilia meminta warga untuk mencoblos Kasiyono, bukan dirinya.


Adapun alasan Emilia mencalonkan diri sebagai kepala desa karena permintaan sang suami. Sebab, jika Emilia tidak maju, maka Pilkades diundur karena hanya ada satu calon kepala desa yakni Kasiyono.

"Saya mencalonkan menjadi kades karena permintaan suami, pencalonan saya lakukan di detik akhir penyerahan formulir pendaftaran. Hingga tanggal akhir batas penyerahan formulir pendaftaran, hanya suami saya yang daftar. Jika hanya ada satu calon, pilkades akan diundur," jelas Emilia.

Di samping itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PPU, Usep Supriatna mengatakan, pada hari ini berlangsung pemilihan serentak di 14 desa.

Rincian hasil dari pilkades serentak ini adalah untuk Desa Girimukti dimenangkan Hendro selaku petahana, Desa Bukit Subur dimenangkan oleh Asep yang juga petahana. Desa Sesulu dimenangkan Rahman, Desa Api-Api dimenangkan Sarinah, Desa Bukit Raya dimenangkan Yatiman, Desa Tengin Baru dimenangkan Junaidin.

Berikutnya, Desa Wonosari dimenangkan Kasiyono selaku petahana, Desa Babulu Laut dimenangkan Ismail Subli, Desa Babulu Darat dimenangkan Abdul Zais yang juga petahana, Desa Rawa Mulia dimenangkan Sunarto.

"Kemudian, Desa Sumber Sari dimenangkan Tahyatul, Desa Sebakung Jaya dimenangkan Sajidin, Desa Gunung Makmur dimenangkan Asep Sopandi, dan Desa Sri Raharja dimenangkan Surani selaku petahana," jelasnya.

Editor: Khoirur Rozi