OLAHRAGA

PIALA AFF

Malam Ini, Indonesia Vs Malaysia Berebut Tiket Semifinal

Stadion Nasional Singapura Kurang Bersahabat Untuk Skuad Garuda

Ilustrasi Timnas Indonesia Versus Malaysia. (Net)
Ilustrasi Timnas Indonesia Versus Malaysia. (Net)


JAKARTA - Tim Nasional Indonesia akan melakoni laga terakhir fase grup Piala AFF 2020, dengan melawan Malaysia, di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam nanti.

Laga ini bisa disebut pertarungan hidup dan mati bagi keduanya. Sebab, siapapun yang kalah akan terhenti langkahnya.

Namun, untuk Timnas Indonesia yang saat ini masih memimpin klasemen Grup B, butuh hasil imbang agar bisa terus melangkah di kejuaraan sepak bola negara anggota ASEAN Football Federation (AFF). Sementara Malaysia, wajib mencuri kemenangan demi menjaga asa lolos ke semifinal.

Meski butuh hasil imbang untuk lolos, pasukan Shin Tae Yong tentu tidak mau mengambil risiko di laga nanti. Kemenangan atas Malaysia menjadi misi utama untuk tetap berada di puncak klasemen Grup B.

Pelatih Shin Tae Yong sendiri sudah berpesan kepada Evan Dimas dan kawan-kawan untuk tidak kehilangan fokus saat melawan Malaysia.


Skuad Garuda juga perlu berhati-hati dengan kejutan yang bisa ditunjukkan Harimau Malaya. Mereka berpotensi bermain dengan cara apa pun agar lolos ke semifinal.

Stadion Nasional Kurang Bersahabat

Stadion Nasional Singapura disebut-sebut kurang bersahabat untuk Timnas Indonesia. Stadion berkapasitas 55.000 penonton ini sudah tidak asing lagi bagi tim di Asia Tenggara.

Pada ajang Piala AFF 2018, Timnas Indonesia yang tergabung di Grup B, bermain di Stadion Nasional Singapura, terbilang kurang mulus karena mereka hanya mengakhiri cerita di peringkat keempat.

Berdasarkan catatan redaksi, ada lima laga yang dilakoni Timnas Indonesia saat bermain di Stadion Nasional Singapura pada gelaran Piala AFF. Dari lima pertandingan, Tim Merah Putih hanya satu kali meraih kemenangan, kala berjumpa Laos tahun 2007.

Berikut hasil Timnas Indonesia saat bermain di Stadion Nasional Singapura pada gelaran Piala AFF;

1. Piala AFF 1996 (13 September 1996)

Indonesia pertama kali bermain di Stadion Nasional Singapura pada gelaran Piala AFF (Piala Tiger) 1996 atau edisi pertama. Di laga ini Indonesia takluk dari Malaysia dengan skor 1-3 di babak semifinal.

2. Piala AFF 1996 (15 September 1996)

Pada tahun yang sama, atau tepatnya dua hari setelah takluk dari Malaysia, dan gagal melangkah ke partai final, Indonesia bermain menghadapi Vietnam untuk memperebutkan tempat ketiga di ajang Piala AFF 1996. Namun, Indonesia lagi-lagi tumbang dengan skor 2-3 dari Vietnam sehingga harus puas menjadi tim terbaik keempat.

3. Piala AFF 2007 (13 Januari 2007)

Indonesia kembali di Stadion Nasional, kala bermain di ajang Piala AFF 2007. Indonesia tergabung di grup B menjalani laga perdananya di Piala AFF 2007 dan mampu meraih kemenangan 3-1 atas Laos.

4. Piala AFF 2007 (15 Januari 2007)

Laga kedua Piala AFF 2007, Indonesia masih bermain di Stadion Nasional. Adapun lawan skuat Garuda di partai kedua Grup B adalah Vietnam. Pada laga itu, Indonesia harus puas bermain imbang 1-1, setelah gol bunuh diri Supardi mampu disamakan oleh Saktiawan Sinaga di menit terakhir waktu normal.

5. Piala AFF 2007 (17 Januari 2007)

Di laga terakhir grup B, Indonesia bertanding di Stadion Nasional dengan menghadapi tuan rumah Singapura. Laga ini menjadi laga hidup mati karena kedua tim berebut tiket ke semifinal.

Indonesia dalam posisi terjepit karena wajib menang. Sedangkan Singapura hanya butuh hasil imbang. Sebab, mereka unggul selisih gol atas tim Merah Putih.

Dan di laga terakhir ini, Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 dengan Singapura. Hasil ini membuat skuat Garuda pun gagal lolos ke babak semifinal.

Editor: Saeful Anwar