WISATA

Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan KM Kirana VII, Kapal Roro Standar Pariwisata

Menparekraf, Sandiaga Uno, meresmikan KM Kirana VII di Pelabuhan Benoa, Bali.
Menparekraf, Sandiaga Uno, meresmikan KM Kirana VII di Pelabuhan Benoa, Bali.


BALI - Pengoperasian Kapal Motor (KM) Kirana VII rute Surabaya-Lombok melewati Pulau Bali diresmikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, di Pelabuhan Benoa, Bali, pada Sabtu (18/12/2021).

Peresmian kapal milik PT Dharma Lautan Utama tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, dan stakeholder terkait.

Sandiaga mengatakan, hadirnya KM Kirana sangat dibutuhkan khususnya bagi transportasi pariwisata Indonesia. Hadirnya KM Kirana menghubungkan pertumbuhan yang ada di Jawa Timur, khususnya Surabaya, Bali dan Lombok. Selain itu, juga mengantisipasi kebutuhan transportasi laut sektor pariwisata dalam perhelatan event internasional Konferensi G20 di Bali dan hadirnya MotoGP di Mandalika tahun 2022 mendatang.

"Kami sangat mengapresiasi kehadiran KM Kirana VII ini karena kita memang sangat membutuhkan infrastruktur (laut) yang terkoneksi antara pertumbuhan kita di Jawa Timur, Surabaya. Harapan kita, Bali dengan G20 dan MotorGP Mandalika," ujarnya.

Sandiaga juga mengapresiasi fasilitas dan peralatan KM Kirana VII yang menggunakan teknologi mutakhir dan sangat memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan pelayaran.


"Saya juga sangat mengapreaiasi fasilitas yang dimiliki KM Kirana VII ini. Bukan hanya tingkat dua tapi tingkat tiga. Serta memprioritaskan keselamatan pelayaran dengan teknologi dan perlengkapan yang sangat baik," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Bali yang akrab disapa Cok Ace mengatakan, bagi Bali, diresmikannya KM Kirana VII, selain mempermudah transportasi publik di jalur laut juga mendukung mobilitas kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Pulau Dewata. 

"Dengan hadirnya KM Kirana VII semoga menjadi semangat baru di dunia pariwisata. Karena beroperasinya KM Kirana VII menyiapkan fasilitas lengkap untuk kenyamanan bagi penumpang," terangnya.

Sementara itu, penasihat utama sekaligus pemilik PT Dharma Lautan Utama, Bambang Haryo, mengungkapkan, hadirnya KM Kirana VII mengantisipasi kebutuhan transportasi laut sektor pariwisata yang ada di Bali, Lombok dan Jawa, khususnya dalam momentum perhelatan Konferensi G20 dan MotoGP.

"Yang paling utama adalah antisipasi pariwisata yang ada di wilayah Bali maupun Lombok, juga sebaliknya pariwisata yang ada di Jawa. Terutama juga antisipasi G20 yang sebentar lagi dan juga MotoGP yang ada di Mandalika, bisa diantisipasi dengan kapal ini," ungkapnya.

Berdiri sejak 1976, PT Dharma Lautan Utama adalah perusahaan pelayaran nasional yang melayani transportasi laut dan penyeberangan di seluruh Indonesia. Di mana, segmen pasarnya adalah penumpang, barang dan kendaraan.

"Kami bersyukur PT Dharma Lautan Utama selama berdiri sampai di tahun 2021 ini kami mendapatkan apresiasi dan ratusan penghargaan dari beberapa instansi pemerintah yaitu presiden, beberapa kementerian, pemerintah provinsi, pemerintah daerah kabupaten dan lainnya," jelasnya.


Video Terkait:
Ganjar-Sandiaga Bisa Jadi Pemain Cadangan di Pilres 2024
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo