DAERAH

Penetapan Lokasi Balap Formula E Tidak Libatkan Anggota Dewan

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo.
Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo.


JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan kawasan Ancol sebagai lokasi ajang balap Formula E. Penetapan ini menuai kritik dari Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo.

Menurut Anggara, pengambilan keputusan itu tidak melibatkan anggota dewan. Padahal, lanjutnya, penyelenggaraan ajang balap tersebut menggunalan APBD DKI Jakarta.

“Lagi-lagi perencanaan Formula E ini ngawur. Buatnya pakai uang APBD tapi ambil keputusan sesuka hati. Ini uang rakyat DKI bukan uang Pak Syahroni,” kata Anggara, Rabu (22/12/2021).

Anggara mengatakan, selama APBD masih menjadi bagian dari pembiayaan pelaksanaan Formula E, pengambilan keputusan harus transparan dan akuntabel. Termasuk melibatkan DPRD DKI Jakarta sebagai wakil rakyat.

“Jangan bilang pelaksanaan Formula E tidak pakai APBD. Nyatanya progress-nya bisa sampai saat ini karena kita sudah bayar 560 miliar commitment fee pakai APBD,” tambah Anggara.


Anggara juga menyoroti tindak lanjut dari LHP Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai kewajiban untuk membuat revisi studi kelayakan (feasibility study). Dia mengingatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar lebih taat admnistrasi.

"Pakai uang rakyat harus tertib administrasi, ada aturan main. Perintah BPK agar feasibility study direvisi aja belum dilakukan dan dilaporkan ke DPRD, ini sudah main tunjuk sirkuit saja," tambahnya.

Anggara curiga bahwa pengambilan keputusan pelaksanaan Formula E tidak taat administrasi karena banyak hal bermasalah yang disembunyikan.

“Kalau pengambilan keputusannya asal-asalan begini, wajar jika kita curiga ada banyak masalah yang ditutup-tutupi. Kami akan menjalankan fungsi pengawasan kami dengan memanggil penyelenggara, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta PT Jakpro untuk mendapat penjelasan selengkap-lengkapnya,” imbuhnya.


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Khoirur Rozi