WISATA

Jumlah Wisatawan Kota Batu Turun Saat Libur Natal

Taman Rekreasi Selecta yang ada di Kota Batu, Jawa Timur. (ANTARA)
Taman Rekreasi Selecta yang ada di Kota Batu, Jawa Timur. (ANTARA)


BATU – Kunjungan wisatawan ke wilayah Kota Batu, Jawa Timur pada libur Natal 2021 dilaporkan menurun dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Pada libur Natal kali ini, jumlah wisatawan ke Taman Rekreasi Selecta tercatat sebanyak 2.100 wisatawan, lebih rendah dbanding minggu sebelumnya yang mencapai 4.250 orang.

"Hingga siang ini, kunjungan tercatat baru 2.100 orang, sementara minggu lalu mendekati angka 5.000 orang. Malah turun, kita belum tahu bagaimana besok," kata Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Sujud Hariadi dikutip dari Antara, Sabtu (25/12/2021).

Sujud menjelaskan, kunjungan wisatawan di Taman Rekreasi Selecta Kota Batu, pada minggu-minggu sebelum perayaan Natal tercatat sudah mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut terjadi pada periode 12-24 Desember 2021.

Tercatat, pada 12 Desember 2021, kunjungan wisatawan mencapai 3.900 orang yang didominasi oleh kunjungan kelompok yang menggunakan bus. Sementara pada hari-hari kerja, kunjungan berkisar antara 400 hingga 950 orang per hari.

Jumlah tersebut, masih berada jauh di bawah kuota maksimal yang diperbolehkan yakni sebanyak 7.500 orang per hari. Taman Rekreasi Selecta memiliki kapasitas maksimal 10 ribu orang dan saat ini diperbolehkan terisi maksimal 75 persen.


"Sebelum libur Natal, rombongan yang menggunakan bus itu banyak bisa lebih dari 30 bus per hari, terutama saat akhir pekan. Sementara untuk Natal dan tahun baru, kita banyak berhadap dari wisatawan yang bukan grup, tapi keluarga," katanya.

Ia menambahkan, penurunan jumlah wisatawan pada saat libur Natal tersebut, diperkirakan karena masyarakat saat ini lebih peduli terhadap kesehatan mereka, sehingga menghindari waktu-waktu libur nasional.

"Jadi sepertinya mereka justru menghindari hari-hari yang ramai, hari libur dihindari. Terutama untuk wistawan kelompok, itu banyak yang menhindari hari-hari yang ramai," katanya.

Editor: Khoirur Rozi