POLHUKAM

PILPRES 2024

Prabowo Enggak Ngejual, Gerindra Perlu Mainkan Plan B

Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Net)
Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Net)


JAKARTA - Partai Gerindra perlu mempersiapkan skenario lain untuk menghadapi Pemilu 2024. Pasalnya, Prabowo Subianto sebagai ketua umum dikhawatirkan tidak lagi mampu memikat hati pemilih.

"Kita belum bisa memastikan bahwa Prabowo ini cukup dapat memikat publik di pasar Pemilu 2024 yang akan datang, sehingga dibutuhkan skenario kedua atau Plan B," kata pengamat politik Ray Rangkuti saat berbincang dengan Info Indonesia, Minggu (26/12/2021).

Menurutnya, skenario kedua itu ada pada sosok kader Gerindra Sandiaga Uno yang saat ini tengah melakukan manuver politik di luar partai. Salah satunya dengan mendapatkan dukungan dari Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia (PII) se-Jawa Barat untuk menjadi calon presiden.

Ray mengatakan, manuver Sandiaga bisa dijadikan alternatif bagi Gerindra selama apa yang dilakukan terkontrol dan tidak melampaui kehendak partai. Terlebih, saat ini juga belum ada tanda-tanda keinginan Sandiaga untuk hengkang dari partai berlambang kepala Garuda tersebut.

"Plan B itu mungkin ada di Sandiaga. Sebetulnya dengan langkah-langkah Sandiaga itu, selama bisa terukur secara internal justru bagus dalam konteks menguatkan, selama bisa terkontrol," tuturnya.


Meskipun manuver Sandiaga sempat mendapat cibiran dari internal partai, Ray menyarankan alangkah baiknya apabila Gerindra justru merangkul Sandiaga. Sebab, di sisi lain, tren Sandiaga yang saat ini menjabat Menteri Parekraf justru terus naik, berbeda dengan Prabowo yang stagnan.

"Mana tahu ya Pak Prabowo masih kesulitan untuk mendapatkan suara lagi, ya Sandiaga bisa didorong untuk maju di pasar pemilu. Soalnya tren Sandiaga tetap naik, kalau Prabowo ya stagnan begitu-gitu saja," jelasnya.

"Kalau secara matematika pemilu lebih baik mendorong orang yang trennya naik meskipun trennya itu masih kecil, daripada orang yang trennya stagnan," tambah Ray yang juga Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima).


Video Terkait:
Nostalgia, Prabowo Unggah Foto Keluarganya
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo