EKONOMI

Penerimaan Pajak Tahun Ini Lampaui Target, Sri Mulyani Apresiasi DJP

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Dok Kemenkeu)
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Dok Kemenkeu)


JAKARTA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penerimaan pajak sampai 26 Desember 2021 mencapai Rp1.231,87 triliun atau 100,19 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2021 yakni sebesar Rp1.229,6 triliun.

“Sampai dengan tanggal 26 Desember 2021, jumlah neto penerimaan pajak sebesar Rp1.231,87 triliun. Jumlah tersebut sama dengan 100,19 persen dari target yang diamanatkan dalam APBN Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp1.229,6 triliun,” kata Sri Mulyani, Senin (27/12/2021).

Atas pencapaian itu, ia mengapresiasi kinerja Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Menurut Sri Mulyani, meskipun Indonesia belum pulih akibat pandemi COVID-19, namun capaian pajak justru melebihi target.

“Hari ini adalah hari yang bersejarah. Di tengah pandemi COVID-19, di saat pemulihan ekonomi masih berlangsung, anda mampu mencapai target 100 persen bahkan sebelum tutup tahun. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerja Anda semua yang luar biasa," ungkapnya.

DJP mencatat penerimaan pajak 138 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di seluruh Indonesia berhasil melampaui target masing-masing KPP. Sedangkan, penerimaan pajak di tujuh Kantor Wilayah (Kanwil) juga mencapai lebih dari 100 persen dari target yang ditetapkan untuk masing-masing Kanwil.


Kemudian, sebanyak tujuh Kantor Wilayah (Kanwil) juga berhasil mencapai target lebih dari 100 persen dari target yang ditetapkan untuk masing-masing Kanwil, diantaranya Kanwil DJP Jakarta Selatan I, Kanwil DJP Wajib Pajak besar, Kanwil DJP Jakarta Khusus, Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara, Kanwil DJP Kalimantan barat, Kanwil DJP Kalimantan Selatan dan Tengah, dan Kanwil DJP Jakarta Utara.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan, faktor utama dalam mencapai keberhasilan ini karena berkat dukungan dan partisipasi seluruh Wajib Pajak yang dalam kondisi sulit akibat pandemi Covid-19 tetap taat dan patuh membayar pajak.

"Pajak yang anda bayarkan sangat bermanfaat untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan membiayai pembangunan negeri yang kita cintai ini,” ujar Suryo Utomo.


Video Terkait:
Wakil Ketua DPRD Kaltim Edukasi Pajak dan Bela Negara
Editor: Khoirur Rozi