DAERAH

Angin Puting Beliung Rusak 46 Rumah Warga

Rumah warga di Cirebon rusak akibat puting beliung. (BPBD)
Rumah warga di Cirebon rusak akibat puting beliung. (BPBD)


CIREBON - Sebanyak 46 rumah, di Desa Gebang Dusun, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, rusak akibat terjangan angin puting beliung, yang terjadi Senin (27/12/2021) petang.

Informasi tersebut sebagaimana disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Berdasarkan data, kerusakan tersebut mulai dari ringan hingga berat, dan mayoritas rumah yang rusak berada di RT 03/RW 05 desa tersebut, juga di Perumahan Griya Samara.

"Yang mengalami kerusakan ada 46 rumah, baik rusak ringan maupun sedang," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Dijelaskan Alex, adapun kerusakan rumah warga umumnya terjadi pada bagian atap rumah yang terbawa angin. Dalam kejadian tersebut, tidak terdapat warga yang mengalami luka maupun korban jiwa, meski saat kejadian umumnya warga sedang berada di dalam rumah.


Puting beliung juga menyebabkan beberapa pohon di pinggir jalan tumbang. Saat ini, pihaknya bersama unsur terkait dan warga masih melakukan pemulihan, serta memperbaiki beberapa rumah yang mengalami kerusakan.

"Kami mengimbau kepada warga untuk tetap berhati-hati, apalagi saat ini sudah memasuki puncak musim hujan," katanya.


Video Terkait:
58 Kecamatan di Jakarta Waspada Banjir
Editor: Saeful Anwar