POLHUKAM

Kepolisian Jadi Instansi Paling Banyak Diadukan ke Komnas HAM Sepanjang 2021

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam


JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut pengaduan kasus terkait HAM pada 2021 masih belum banyak berubah dari tahun lalu.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan, instansi yang paling banyak diadukan terkait kasus HAM tahun ini adalah kepolisian.

Hal tersebut dipaparkan Anam dalam Refleksi Akhir Tahun 2021: Penegakan Hukum, HAM, dan Demokrasi di kanal Youtube LP3ES, Jumat (31/12/2021) siang.

“Yang dicatat Komnas HAM memang tidak banyak berubah, yang paling banyak diadukan itu kepolisian, kemudian korporasi, pemerintahan, dan instansi yang lain,” ucap Anam.

Menurut Anam, 2021 merupakan tahun yang paling dinamis untuk HAM dengan beberapa indikator penting. Kepolisian menjadi yang paling banyak diadukan ke Komnas HAM oleh masyarakat, yang juga diviralkan di media sosial.


“Berbagai tagar terkait kepolisian, soal pelayanan, tindakan kekerasan, tindakan berlebihan, bahkan terdapat penyiksaan, karena angka kematian di tahanan juga besar,” kata dia.

Meski begitu, Komnas HAM mencatat, di penghujung 2021, kepolisian bergerak untuk mengubah diri dan berbenah. Instansi tersebut melakukan terobosan dari segi akuntabilitas. Salah satunya dengan membuka layanan monitoring pengaduan daring.

Dia berharap, tahun depan pelayanan kepolisian bisa terus meningkat. Sehingga masyarakat tidak perlu memviralkan kasus lebih dulu, baru kemudian ditindaklanjuti oleh kepolisian.

“Beberapa kasus yang mendapat perhatian publik itu penyelesaiannya memang cepat,” tutur Anam.

 

Reporter: Aryadita


Video Terkait:
Bocah Penyandang Disabilitas ini Trending Youtube
Editor: Rusdiyono