POLHUKAM

Refleksi 2021

Viral Dulu, Diproses Kemudian

Ilustrasi
Ilustrasi


JAKARTA - Sejumlah kasus yang ditangani oleh Kepolisian, sebagian besar baru ditangani setelah viral pada 2021 ini. Hal itu disampaikan Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Fachrizal Afandi.

Hal ini dipaparkan Fachrizal dalam Refleksi Akhir Tahun 2021: Penegakan Hukum, HAM, dan Demokrasi di kanal Youtube LP3es, Jumat (31/12/2021) siang.

“Penegakkan hukum ramai baru ditangani kalau sudah viral. Ini sebenarnta fenomenanya sudah lama, cuma spotnya di Kepolisian intensitasnya lebih tinggi,” ucap Fachrizal pada diskusi yang disaksikan Info Indonesia.

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam membenarkan bila banyak kasus hukum baru ditangani bila telah diviralkan. “Beberapa kasus yang mendapat perhatian publik itu penyelesaiannya cepat,” tutur Anam.

Dia pun berharap, bahwa hal ini bisa diubah pada 2022 nanti. Apalagi, beberapa divisi di Kepolisian telah membuka pengaduan kasus secara daring.


Pelayanan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat ketika mengadukan kasus yang dialami. “Di tengah desakan masyarakat, kepolisian bergerak mengubah diri, berbenah. Juga ada terobosan akuntabilitasnya salah satunya monitoring pengaduan online,” tambahnya. (*)


Video Terkait:
Daftar Kasus Pelanggaran Polisi selama Sepekan
Editor: Rio Taufiq Adam