WISATA

Besok, Pantai Tikus Emas Dibuka Kembali

Tempat wisata Pantai Tikus Emas. (Net)
Tempat wisata Pantai Tikus Emas. (Net)


BANGKA - Tempat wisata Pantai Tikus Emas, di Sungai Liat, Bangka, Bangka Belitung, ditutup pada libur tahun baru 2022.

Manajemen terpaksa menutup layanan kunjungan wisatawan di pantai itu, guna mencegah sebaran COVID-19, yang bisa disebabkan akibat adanya kerumunan.

"Kami menutup layanan kunjungan wisatawan sejak Sabtu 31 Desember 2021 pukul 19.00 WIB," kata Petugas Penanggung Jawab Lapangan Pantai Tikus Emas Sungai Liat, Wasis Pujo Pranoto dalam keterangan resmi, Sabtu (1/1/2022).

Namun jangan khawatir, dirinya menyampaikan jika aktivitas layanan untuk kunjungan wisatawan akan di buka kembali, pada hari Minggu, 2 Januari 2022, dengan penerapan protokol kesehatan ketat bagi pengunjung.

Pantai Tikus Emas merupakan satu dari sekian banyak objek wisata pantai terfavorit di Kabupaten Bangka yang jarak tempuh kurang dari 30 menit dari pusat Kota Sungai Liat. Di tempat itu, sudah mendukung fasilitas olahraga dan bermain yang lengkap.


"Selain fasilitas bermain yang lengkap, kami menyediakan toilet khusus bagi wisatawan disabilitas sebagai upaya pemberian hak layanan yang maksimal," kata dia.

Menurutnya, selama pandemi COVID-19 setiap awal tahun atau tanggal 1 Januari layanan kunjungan wisatawan ditutup untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2).

"Meskipun gerakan vaksinasi sudah mulai merata, namun pengunjung pantai Tikus Emas tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan termasuk kami juga membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung," katanya.

Dia berharap pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga pertumbuhan sektor kepariwisataan daerah kembali normal seperti semula dimana wisawatan dalam maupun luar negeri leluasa dapat berkunjung.

Dikutip Antara, berdasarkan pantauan di lapangan sejak waktu pergantian malam tahun baru, aktivitas masyarakat berkunjung di objek wisata relatif rendah, tim terpadu Operasi Lilin Menumbing melakukan pengawasan memastikan tidak adanya kerumunan masyarakat.

Editor: Saeful Anwar