EKONOMI

KALEIDOSKOP 2021

Supaya Sehat dan Tetap Cuan

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Ist)
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Ist)


JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepanjang tahun 2021 bekerja sangat keras. Ditunjuk sebagai pemasok utama vaksin ke Tanah Air, kementerian yang dinakhodai Erick Thohir ini juga terus merampingkan perusahaan milik negara, serta membuat bisnisnya lebih sehat.

Kinerja luar biasa Erick Thohir di Kementerian BUMN dimulai dari pembentukan Bank Syariah Indonesia (BSI) hingga usaha untuk menyelamatkan Garuda Indonesia. Meski persoalan mengenai maskapai berbendera Merah Putih itu belum selesai hingga kini, tapi mantan pemilik klub sepak bola Internazionale Milan itu tak bergeming, dengan terus bekerja merapikan seluruh persoalan di BUMN.

JANUARI 
Pemerintah memberi perintah kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendatangkan vaksin COVID-19. Realisasi itu akhirnya terjadi pada akhir 2020 lalu, dengan jumlah 1,2 juta dosis vaksin Sinovac. Vaksin tersebut akhirnya disuntikkan pada pertengahan Januari 2021 untuk tenaga kesehatan dan sejumlah pejabat, terutama Presiden Joko Widodo.

"Saya optimistis, vaksinasi para Nakes tak hanya menguatkan sekaligus melindungi kesehatan dan jiwa mereka, namun juga akan makin meningkatkan pelayanan seoptimal mungkin kepada para pasien COVID-19," ujar Menteri Erick Thohir.

FEBRUARI
Pembentukan BUMN Holding Bank Syariah Indonesia akhirnya diresmikan, tepatnya pada 1 Februari 2021. Dengan bergabungnya Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BRI Syariah menjadi satu payung, membuatnya menjadi salah satu perbankan dengan nilai aset hingga Rp214,6 triliun. Diharapkan dengan dibentuknya BSI akan membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi syariah paling besar di dunia.


"Kita ingin hasil merger ini bisa membuktikan negara dengan jumlah populasi muslim terbesar ini, memiliki kondisi bank yang kuat secara fundamental dan alhamdulillah ini berjalan dengan baik. Saya berharap BSI dapat energi baru bagi ekonomi Indonesia, yang senantiasa menerapkan prinsip financial justice dan stability in investment, yang telah terbukti berhasil membawa tiga bank syariah yang bergabung menjadi bank ini mengarungi krisis pandemi COVID-19, bahkan mampu menorehkan kinerja yang sangat positif dan membanggakan," ujar Erick.

MARET
Di sela kesibukan memastikan pasokan vaksinasi tetap lancar, Erick Thohir berusaha menyehatkan BUMN yang sedang sakit secara bisnis dan keuangan. Salah satunya adalah Garuda Indonesia yang bermasalah karena kontrak sewa pesawat. Ketua Umum PBSI ini pun akhirnya membataskan kontrak sewa pesawat Bombardier CRJ 1000. Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, efisiensi menjadi kunci di segala lini.

"Dari data-data dapat disimpulkan bahwa Garuda Indonesia menjadi salah satu perusahaan penerbangan yang leasing cost paling tinggi di dunia, yaitu sebanyak 27 persen," jelas Erick.

Di saat yang bersamaan Erick juga bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengembangkan “whistleblowing system”. Kerja sama ini dilakukan untuk memulai langkah transformasi bagi seluruh BUMN.

"Hal ini kita lakukan karena merupakan bagian dari transformasi yang kita sepakati bersama, apalagi ini didukung oleh pihak KPK," ujar dia.

APRIL
Langkah pertama yang dilakukan Kementerian BUMN untuk menjadikan Indonesia sebagai ekosistem kendaraan listrik dunia adalah, pendirian ndonesia Battery Corporation (IBC). Perusahaan ini didirikan sebagai holding mengelola ekosistem industri baterai kendaraan bermotor listrik (Electric Vehicle Battery) yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Pembentukan IBC ditandai dengan penandatanganan perjanjian pemegang saham (shareholders' agreement) yang dilangsungkan pada 16 Maret 2021, oleh empat perusahaan BUMN sektor pertambangan dan energi, yakni Holding Industri Pertambangan, MIND ID, PT ANTAM Tbk, PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero), dengan komposisi saham sebesar masing-masing 25 persen.

"Kita ingin menciptakan nilai tambah ekonomi dalam industri pertambangan dan energi, terutama nikel yang menjadi bahan utama baterai EV, mengembangkan ekosistem industri kendaraan listrik, dan memberikan kontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, investasi skala besar seperti ini akan membuka banyak lapangan kerja, khususnya untuk generasi muda kita," terang Erick Thohir.

MEI  
Langkah tegas diambil Kementerian BUMN yang memecat seluruh direksi Kimia Farma Diagnostika (KFD). Langkah ini diambil sebagai tindak lanjut atas kasus antigen bekas yang terjadi di Bandara Kualanamu. Janji Menteri BUMN Erick Thohir untuk turun langsung dalam menangani kasus ini dibuktikan dengan keluarnya surat pemecatan pada seluruh direksi. Erick menegaskan bahwa apa yang terjadi di Kualanamu adalah persoalan yang mesti direspons secara profesional dan serius. Setelah melakukan penilaian secara terukur dan berlandaskan semangat good corporate governance, maka langkah tegas mesti diambil. Erick menegaskan seluruh BUMN terikat pada kesepakatan bersama untuk bertindak profesional sesuai dengan core value yang dicanangkan, yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

"Karena memang sudah tak sejalan dengan core value tersebut, maka tidak memandang siapa dan apa jabatannya, maka kami persilakan untuk berkarier di tempat lain," kata Erick.

JUNI
Kementerian BUMN dibentuknya BUMN Leadership and Management Institute (BLMI), sebuah pusat riset, inovasi, kolaborasi, dan pengembangan manajemen dan kepemimpinan di seluruh klaster BUMN pada 7 Juni 2021. Inisiatif strategis ini bertujuan untuk membangun kapabilitas kepemimpinan di BUMN yang berkelas dunia, berbasis AKHLAK dan mampu bersaing di tingkat global.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, "Upaya transformasi yang dicanangkan Kementerian BUMN terhadap perusahaan-perusahaan BUMN menjadi perusahaan yang akuntabel, profesional, dan berkelas dunia, tidak mungkin terjadi tanpa transformasi human capitalnya. Karena itu kami membangun program yang bukan ad hoc, tetapi terstruktur, menyeluruh, dan berkelanjutan, yaitu BUMN Leadership and Management Institute."

Kementerian BUMN telah menunjuk Mandiri Corporate University sebagai koordinator, untuk bersinergi dengan Corporate University dari Telkom, Pertamina, dan WIKA dalam membangun peta jalan dan program pengembangan kepemimpinan mulai dari new entry level, manajer tingkat pertama sampai dengan tingkat Direksi dan Komisaris/Pengawas.

JULI
Sebagai bagian dari kontribusi BUMN dalam sektor kesehatan, Erick Thohir turun langsung, dalam kebutuhan oksigen dan obat-oabatan. Selain memastikan distribusi, dan harga obat yang memadai lewat BUMN sektor farmasi. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Perusahaan-perusahaan BUMN strategis seperti Pertamina Group termasuk di dalamnya adalah PGN, Krakatau Steel dan Pupuk Indonesia Group yang di dalamnya ada Petrokimia dan juga PUSRI. Tak kalah penting, Pelindo ikut aktif dalam infratruktur logistiknya.

"BUMN bergerak cepat di segala lini. Ini terutama untuk membantu ketersediaan oksigen. Beberapa perusahaan BUMN suda menyalurkan oksigen ke sejumlah wilayah yang membutuhkan," ujar Erick Thohir.

Menurut Erick, dengan fasilitas yang dimiliki mulai dari rola material hingga jaringan distribusi, dia menegaskan bahwa fokus BUMN adalah untuk membantu penanganan pandemi. Dia optimistis langkah cepat yang dilakukan perusahaan-perusahaan BUMN akan cepat dalam merespons kebutuhan di lapangan.

AGUSTUS
Pertamina berhasil menembus kembali daftar 500 perusahaan terbesar dunia versi Fortune. Dalam Fortune 500, menempatkan Pertamina di peringkat ke 287 dengan nilai pemasukan (revenue rating) sekitar USD49,469 miliar. Prestasi Pertamina menembus kembali daftar Fortune Top 500 dinilai Menteri BUMN sebagai wujud dari kerja keras seluruh elemen perusahaan. Namun Menurut Erick, Pertamina bisa untuk bersaing sebagai salah satu perusahaan terbesar dunia.

"Saya optimistis bahwa kinerja Pertamina dapat lebih baik lagi. Dan frame bagi Pertamina adalah mesti bersaing dengan kompetitor di level dunia. Sebab Pertamina memiliki segala syarat, baik kualitas dan kapabilitas, untuk menunjangnya sebagai salah satu perusahaan besar dunia," ujar Erick.

Dia memandang bahwa pengakuan dunia akan eksistensi Pertamina adalah bukti berjalannya pembenahan organisasi. Salah satu perubahan yang dinilainya penting adalah menerapkan core value perusahaan yang amanah, kompeten, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Selama ini, kata Erick, Pertamina tidak pernah kekuarangan sumber daya yang mumpuni.

SEPTEMBER
Erick Thohir mendorong perusahaan BUMN untuk melantai di pasar modal. Misi Erick memacu BUMN untuk go public selaras dengan target untuk menempatkan bursa Indonesia menjadi pasar modal terbesar di Asia Tenggara. Di saat pasar modal di sejumlah negara dunia melambat, bursa Indonesia justru mampu mencatat pertumbuhan positif. Sejak awal tahun, pasar modal Indonesia mengalami pertumbuhan 2,56 persen. Erick optimistis dengan semakin banyaknya BUMN maupun anak usaha BUMN yang melantai di bursa akan semakin membuat bergeliatnya pasar modal di Indonesia.

"Kami mendorong banyaknya nanti korporasi BUMN untuk go public," kata Erick.

OKTOBER
Kementerian Badan Usaha Milik Negara mendapatkan apresiasi dari Komite Aparatur Sipil Negara. Kementerian yang dipimpin oleh Menteri BUMN Erick Thohir tersebut berhasil meraih posisi sebagai instansi pemerintah dengan Sistem Merit terbaik. Erick Thohir mengatakan, penilaian dari KASN membuktikan bahwa transformasi yang dilakukan di Kementerian BUMN berjalan sangat baik. Meskipun menghadapi situasi pandemi, Kementerian BUMN mampu berinovasi dalam menciptakan situasi kerja yang aman dan nyaman bagi seluruh pegawai. Pencapaian Kementerian BUMN ini tidak lantas membuat jumawa. Erick memastikan, hal ini akan semakin memacu Kementerian untuk bekerja lebih baik lagi agar dapat mempertahankan nilai Sistem Merit terbaik.

"Hal ini bukan membuat kami terlena, tetapi justru memacu kami untuk mempertahankannya dan biasanya mempertahankan itu lebih sulit. Bahwa transformasi BUMN dari segi sumber daya manusia juga dinilai sangat baik," ujar dia.

NOVEMBER
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertemu dengan pendiri Microsoft sekaligus filantropi Bill Gates. Pertemuan itu membahas kerja sama antara Gates Foundation dan PT Bio Farma (Persero) terkait pengembangan vaksin.

"Selain berdiskusi mengenai isu perubahan iklim, kami juga membahas minat Gates Foundation untuk bekerja sama dengan Bio Farma dalam alih teknologi pengembangan vaksin mRNA," kata Erick dalam akun Instagramnya @erickthohir.

Menurut dia, ke depan Indonesia akan mampu mendorong produk bioteknologi tanah air semakin berkembang, sehingga bisa mewujudkan kemandirian kesehatan Indonesia. Pertemuan ini dilakukan bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani di di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26, di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, 1 November.

DESEMBER 
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memberikan penghargaan kepada Kementerian BUMN atas kiprahnya dalam mendukung persaingan usaha yang sehat. Ini tergambar dari keberpihakan Kementerian BUMN pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kementerian BUMN dipandang berhasil berkontribusi dalam menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat. Peran BUMN mampu mendorong UMKM tetap mampu berkompetisi dengan organisasi usaha dengan skala lebih besar. Erick Thohir menilai penghargaan dari KPPU mesti menjadi pelecut bagi seluruh BUMN agar terus menggandeng sektor UMKM dalam proses bisnis. Menurut Erick, BUMN mesti menjadi motor yang memelihara iklim bisnis yang sehat.

"Artinya BUMN mesti menjadi motor utama yang tak sekadar memproteksi kepentingan UMKM, tapi sekaligus menumbuhkannya. Proses bisnis BUMN selalu untuk kepentingan yang lebih besar, tak sekadar menciptakan performa finansioal untuk perusahaan sendiri tapi memberi manfaat bagi lingkungan," ujar Erick.


Video Terkait:
Menteri BUMN Angkat Jenderal Dudung Sebagai Komut Pindad
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo