POLHUKAM

PDIP Siapkan Langkah Hukum Soal Hoaks Megawati Meninggal

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto. (Net)
Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto. (Net)


JAKARTA - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyiapkan langkah hukum terkait kabar bohong atau hoaks di media sosial, yang menyebut Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri tutup usia.

Hal itu sebagaimana disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto kepada wartawan, saat ditemui di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2022).

"Saya sebagai sekjen memutuskan agar bantuan hukum PDIP melaporkan kabar hoaks itu kepada aparat hukum, agar hal-hal seperti ini tidak perlu terjadi lagi," kata Hasto.

Hasto menyebut kabar tentang meninggalnya Ketua Umum PDIP itu, merupakan isu yang tidak bermoral, dan tidak bertanggung jawab.

"Bu Mega dalam keadaan sehat. Ini tadi saya sebelum ke sini (Sekolah Partai), baru sampai Pasar Minggu ditelepon beliau untuk datang ke Teuku Umar sehingga isu-isu yang tidak bermoral tersebut tentu saja akan dilaporkan ke aparat hukum," kata dia.


Hasto menyebutkan Indonesia merupakan bangsa yang dikenal karena kebudayaan dan peradaban yang baik, bukan bangsa yang mengobral fitnah.

"Kita bangsa yang terus memperjuangkan nilai-nilai kebenaran dan kejujuran sebagai bagian nilai positif yang membentuk bangsa ini," kata dia.

Kabar hoaks meninggalnya Megawati Soekarnoputri beredar dalam sebuah video dari TikTok.

Kabar hoaks soal Megawati Soekarnoputri rupanya sudah sering beredar di media sosial. Terakhir pada September 2021, kabar serupa banyak tersebar di dunia maya.


Video Terkait:
Pecat Ganjar, PDIP Tidak Bakal Rugi
Editor: Saeful Anwar