POLHUKAM

Sunarta Resmi Dilantik Sebagai Wakil Jaksa Agung

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengambil sumpah dan melantik Wakil Jaksa Agung Sunarta serta tiga pejabat eselon satu lainnya, di Auditorium Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung, Senin (10/1/2022). (Ist)
Jaksa Agung ST Burhanuddin mengambil sumpah dan melantik Wakil Jaksa Agung Sunarta serta tiga pejabat eselon satu lainnya, di Auditorium Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung, Senin (10/1/2022). (Ist)


JAKARTA - Jaksa Agung RI ST Burhanuddin mengambil sumpah dan melantik Wakil Jaksa Agung serta tiga pejabat eselon satu lainnya, di Auditorium Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung, Senin (10/1/2022).

Dalam arahannya, Burhanuddin menyampaikan kegiatan prosesi mutasi dan promosi sebagai hal yang wajar dalam roda perputaran organisasi untuk lebih meningkatkan optimalisasi kinerja. Ia berharap kepada pejabat yang baru bisa membawa citra institusi kejaksaan menjadi lebih baik.

"Saya yakin dipundak saudara, akan banyak catatan tinta emas dan torehan prestasi yang membanggakan, yang akan menjadikan institusi kejaksaan yang kita cintai ini menjadi semakin baik citranya, terjaga marwahnya, dan memiliki tingkat kepercayaan publik yang tinggi,” ujar Jaksa Agung. 

Adapun empat formasi pejabat eselon satu yang dilantik diantaranya, Sunarta sebagai Wakil Jaksa Agung Repubik Indonesia; Amir Yanto sebagai Jaksa Agung Muda Intelijen; Febrie Adriansyah sebagai Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus; dan Ali Mukartono sebagai Jaksa Agung Muda Pengawasan.

Burhanuddin juga menyampaikan, susunan pejabat yang baru dilantik ini diharapkan dapat bekerja secara solid. Karena tidak jarang, dalam menyelesaikan perkara harus melibatkan beberapa bidang yang berbeda. Sehingga, dia menegaskan setiap bidang harus dapat berkolaborasi untuk saling mendukung dan melengkapi demi kepentingan institusi.


“Penyelesaian suatu perkara kerap kali harus melibatkan lintas bidang, sehingga tidak boleh ada ego sektoral. Dalam bekerja, kita tidak dapat bekerja sendirian maupun bekerja secara sendiri-sendiri,” ujar Jaksa Agung. 

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengimbau kepada para pejabat yang baru dilantik untuk dapat memberi contoh ketauladanan yang baik dalam bekerja dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, profesionalitas, dan kesahajaan. Menurutnya, jika bekerja tanpa itu semua, sama halnya bekerja tanpa hati nurani.

“Penerapan nilai-nilai integritas, profesionalitas, dan kesahajaan dalam setiap pelaksanaan tugas kita adalah benteng pertahanan diri yang akan menyelamatkan kita dari segara perbuatan tercela yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, dan institusi," jelasnya. 

Pengambilan Sumpah, Pelantikan, dan Serah Terima Jabatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 180/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021, dan Nomor 181/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021.

Editor: Saeful Anwar