POLHUKAM

PILPRES 2024

Tito Karnavian Paling Tepat Buat Mendongkrak Popularitas Golkar

Tito Karnavian. (Net)
Tito Karnavian. (Net)


JAKARTA - Partai Golkar dianggap perlu mencari figur yang masih bersih untuk dijagokan pada Pemilu 2024, dalam upaya meningkatkan popularitas mulai dari sekarang. 

"Partai Golkar saat ini dalam posisi dia mencari popularitas. Tentu dia harus mencari figur-figur yang masih bersih," kata pengamat politik dari Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIP-AN), Efriza, saat dihubungi Info Indonesia, Selasa (11/1/2022).

Ia mengungkapkan, salah satu sosok yang pas untuk dilirik Golkar adalah Tito Karnavian. Menurut Efriza, citra Menteri Dalam Negeri itu cukup baik di mata masyarakat. Terlebih, Tito juga merupakan sosok kepercayaan Presiden RI, Joko Widodo, di mana karirnya juga meningkat dalam waktu cukup singkat.

Efriza berpendapat, apabila Golkar berhasil menggaet Tito Karnavian masuk ke dalam maka popularitas partai pun akan ikut tumbuh. 

"Golkar itu bagus kalau menarik Tito Karnavian karena ekspektasi masyarakat itu bisa membawa dampak positif pada Partai Golkar," jelasnya.


Ia menilai, Tito sosok yang tepat karena institusi Kepolisian yang sempat dipimpinnya mendapatkan kepercayaan dan kepuasan dari masyarakat. Berdasarkan survei kolaborasi Politica Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) yang dirilis, Senin (27/12/2021), institusi Polri berada di urutan kedua dengan tingkat kepercayaan mencapai 67,8 persen, masih di atas Komisi Pemberantasan Korupsi yang berada di urutan tiga dengan tingkat kepercayaan 60,4 persen.

Meskipun saat ini Tito menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri tetapi sosoknya tetap dianggap sebagai representasi Kepolisian.

"Bagaimana pun Tito itu walaupun sekarang menteri dia tetap dilihat sebagai bagian Kepolisian," demikian Efriza.


Video Terkait:
Mendagri Tegaskan Pemilu 2024 Tetap Berlangsung
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo