POLHUKAM

Jadi Profesor Kehormatan, Dokter Terawan Beberkan Keberhasilan Vaksin Nusantara

Dokter Terawan didampingi keluarga bergambar bersama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, usai pengukuhan gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan. (Ist)
Dokter Terawan didampingi keluarga bergambar bersama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, usai pengukuhan gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan. (Ist)


JAKARTA  - Mantan Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto, membeberkan keberhasilan Vaksin Nusantara saat menerima gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan.

Terawan menyinggung tentang kemandirian dan kedaulatan vaksin di Indonesia untuk mengatasi pandemi COVID-19. Dalam hal ini, ia menyampaikan pengembangan Vaksin Nusantara yang dilakukan tim peneliti di bawah komandonya.

"Keberhasilan pembuatan Vaksin Nusantara akan berkontribusi menyelamatkan banyak nyawa rakyat Indonesia. Keberhasilan ini juga menjadi kebanggaan kita bersama sebagai vaksin yang dibuat dan diproduksi di dalam negeri," jelasnya di Universitas Pertahanan, Sentul, Jawa Barat, Rabu (12/1/2022).

Terawan mengatakan, kesehatan militer dapat berpengaruh pada ketahanan kesehatan global dan nasional. Menurutnya, selama pandemi COVID-19 berlangsung, virus Corona telah menurunkan kesiapsiagaan militer. 

"Virus itu mampu menurunkan kemampuan negara-negara untuk maju dan menjadi sebuah ancaman keamanan nasional," ujar dokter yang mengambil spesialisasi Radiologi Intervensi di Universitas Airlangga itu.


Oleh karena itu, keberhasilannya dalam membuat Vaksin Nusantara menjadi suatu kebanggaan. Terlebih ketika bisa membantu menjaga kesehatan militer yang menjadi bagian dari sistem pertahanan.

"Kesehatan militer tentu merupakan bagian dari strategi militer yang dipergunakan untuk menjaga serta memajukan Indonesia tercinta," kata lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut.

Terawan dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan Bidang Kesehatan Militer. Ia resmi menjabat Guru Besar Tidak Tetap Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

Pengukuhan dilakukan oleh Rektor Unhan RI, Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian, dalam Sidang Senat Terbuka di Aula Merah Putih, Komplek Unhan. Acara pengukuhan turut dihadiri Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo