DAERAH

Herman Deru Awasi Ketat Penimbunan Bahan Pokok

Gubernur Sumsel, Herman Deru. (Net)
Gubernur Sumsel, Herman Deru. (Net)


PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, meminta aparat Kepolisian melakukan pengawasan kemungkinan terjadinya penimbunan bahan pangan pokok yang akhir-akhir ini harganya bergerak naik.

"Sekarang ini sejumlah kebutuhan pokok naik, terutama minyak goreng. Kenaikan harga tersebut perlu diantisipasi kemungkinan terjadi aksi penimbunan oleh pedagang untuk meraup keuntungan yang lebih besar," katanya ketika meninjau kegiatan operasi pasar di Kota Palembang, Rabu (12/1/2022).

Menurut Herman Deru, operasi pasar dilakukan untuk membantu masyarakat dan mencegah terjadinya kenaikan harga pangan di luar batas kewajaran. Selain operasi pasar, Pemprov Sumsel juga berupaya melakukan pengawasan kegiatan distribusi sejumlah kebutuhan pokok, terutama yang mengalami kenaikan cukup tinggi seperti minyak goreng.

Untuk melakukan pengawasan itu, Dinas Perdagangan Sumsel berkoordinasi dengan Kepolisian, sehingga bisa dilakukan tindakan tegas sesuai ketentuan hukum jika ditemukan pedagang yang menimbun bahan pangan pokok.

"Aksi penimbunan kebutuhan bahan pokok untuk meraup keuntungan besar di saat masyarakat kesulitan tidak boleh dibiarkan karena merupakan tindakan pelanggaran hukum," jelas Herman Deru.


Ia berharap, masyarakat yang mengetahui adanya aksi penimbunan bahan pangan di lingkungan sekitarnya atau pada suatu tempat tertentu untuk segera melaporkan kepada polisi.

"Melalui operasi pasar dan pengawasan ketat aksi penimbunan sembako, diharapkan kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat bisa terkendali," demikian Herman Deru.


Video Terkait:
Wali Kota Palembang Ajak Ganjar-Deru Nikmati Sungai Sekanak Lambidaro
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo