POLHUKAM

Fokus Prabowo Dulu Baru Pilkada

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. (Net)
Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. (Net)


JAKARTA - Partai Gerindra menyatakan belum menetapkan kader yang bakal diusung pada Pilkada 2024, termasuk pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, menyebut, pihaknya maish fokus mengusung sang ketua umum, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

"Jadi, kami terus terang sedang berkonsentrasi kepada upaya pemenangan legislatif dan pencalonan Pak Prabowo sebagai capres," kata Muzani, Minggu (16/1/2022).

Muzani menuturkan, pihaknya akan terlebih dahulu menyukseskan gelaran pemilihan legislatif untuk membuka jalan pada pilpres mendatang. Setelah itu, barulah pihaknya memikirkan kontestasi Pilgub DKI Jakarta.

"Karena legislatif dan pilpres itu Insya Allah berlangsung di 2024, yang bulannya sedang kita bicarakan dengan pemerintah, itu dulu, baru setelah itu pilkada," ujarnya.


Sebelumnya, Partai Gerindra mempertimbangkan untuk mengusung kader internal dalam Pilkada DKI 2024. Namun, Gerindra belum memutuskan siapa kader yang bakal diusung.

"Ya enggak tahu ya, belum diputuskan. Tapi kan kami ini partai besar, kami harusnya mengajukan calon sendiri, idealnya seperti itu," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Anggota Komisi III DPR itu mengemukakan, partainya memiliki banyak stok kader untuk menjadi seorang pemimpin di Jakarta. Dia menyebut nama Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga kader Gerindra, Ahmad Riza Patria. Selain itu, ada juga Ketua Fraksi Gerindra di DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani.

"Kami enggak kekurangan stok kader," ujarnya.

Saat ditanya soal kans Gerindra mengusung kembali Anies Baswedan dalam Pilgub DKI, Habiburokhman menyatakan partainya belum memutuskan. Dia mengatakan bahwa Gerindra memiliki mekanisme pengusulan calon untuk agenda Pilgub DKI 2024.

"Jadi tahapannya, DPD mengusulkan ke DPP. DPP membahas, lalu mengusulkan ke Pak Prabowo," terangnya.

Saat ini, bursa kandidat calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024 mulai panas. Sejumlah nama politikus yang dijagokan oleh partai politik mulai bermunculan. Terkini, ada Grace Natalie yang disiapkan PSI. Nama Grace menambah panjang daftar kandidat potensial pengganti Anies Baswedan, yang purnatugas sebagai gubernur tahun ini.

Nama Grace Natalie dimunculkan anggota DPRD DKI Fraksi PSI Anggara Citra. Selain itu, ada nama Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mantan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi NasDem Ahmad Sahroni, hingga Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di Koran Info Indonesia.


Video Terkait:
Nostalgia, Prabowo Unggah Foto Keluarganya
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo