TV

BMKG: Gempa Diatas 8 Magnitudo



INFO INDONESIA. JAKARTA  - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi Wilayah Selatan Jawa diprediksi berpoteni mengalami gempa besar dengan skala di atas M 8 (magnitudo) dan daerah DKI Jakarta termasuk salah satu yang berpotensi terkena dampak.

Peneliti BMKG, Daryono mengungkapkan, pihaknya memprediksi kekuatan gempa besar itu berada di sekitaran M 8,7. Gempa itu bahkan akan menghasilkan tsunami yang cukup tinggi dan mengancam wilayah yang cukup rendah dari laut.

Dengan besarnya kekuatan gempa ini, Daryono menjelaskan bahwa beberapa wilayah seperti Jakarta, Lampung, dan juga wilayah lain di bibir Laut Jawa juga akan ikut merasakannya.

Sementara, Kepala Laboratorium Geodesi ITB Heri Andreas berdasarkan data Global Navigation Satellite System (GNSS) memprediksi, akan adanya potensi tsunami dengan tinggi 20 meter di pesisir Pulau Jawa dan sekitarnya. Ini karena adanya akumulasi energi di bagian megathrust Selat Sunda hingga pesisir Pulau Jawa, ungkap 

Dari hasil pemodelan, tsunami 20 meter ini berasal dari gempa yang terjadi dengan kekuatan magnitudo 8,7 hingga 9,0. Di wilayah Jakarta sendiri memiliki potensi tsunami lebih bear. Sebab pesisir Jakarta sudah berada di bawah laut hingga minus 1-2 meter.



Video Terkait:
Curah Hujan Tinggi di Sumsel, 495 Rumah Warga Terendam Banjir
Editor: Andyanto